Kiat Mengelola Usaha Dengan Modal Kecil

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Beberapa waktu lalu, salah seorang teman bertanya kepada saya, kira-kira usaha apa yang paling cocok dilakukan dengan modal kecil. Bagi sebagian orang, memiliki usaha sendiri, tentu menjadi impian, apalagi usaha tersebut terus bertumbuh dan berkembang.

Akan tetapi, hanya sebagian kecil saja yang bisa mewujudkan cita-cita tersebut. Untuk merintis suatu usaha dan mengembangkannya menjadi usaha besar, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan semangat, ketekunan, serta perencanaan yang tepat terkait jenis usaha apa yang akan dijalankan.

Selain modal, hal penting yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah mental baja yang tidak mudah menyerah dan putus asa juga harus dipersiapkan. Bagi Anda, yang ingin memulai suatu usaha dengan modal kecil, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1 – Pilih Jenis Usaha Yang Cocok Dengan Modal Kecil Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan usaha yang pas dan cocok untuk Anda. Cobalah pilih usaha yang sesuai dengan hobi atau hal yang Anda sukai.

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa berat dan terbebani ketika menjalankannya. Jika hobi yang Anda lakukan selama ini hanya menghabiskan uang saja, maka Anda bisa mulai berfikir bagaimana caranya agar hobi yang Anda miliki bisa menghasilkan uang.

2 – Contoh yang paling mudah jika Anda mempunyai hobi travelling, maka Anda bisa memulai usaha dengan mendirikan usaha travel, jasa tiketing, tour guide, fotografer, dan masih banyak lainnya. Jika memiliki hobi masak, bisa memulai usaha warung makan, warkop, jasa katering, dan lain sebagainya.

Lakukan Riset Pasar Sebelum Memulai Usaha
Riset pasar membantu Anda untuk menemukan peluang yang akan terjadi pada bisnis. Melalui riset, Anda akan menemukan apa yang sebenarnya sedang dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.
Oleh karena itu bisnis Anda hadir sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi secara tepat sasaran.

Pos terkait