Kiat Mengelola Usaha Dengan Modal Kecil

3 – Dengan riset pasar juga akan membantu menentukan siapa yang menjadi pesaing Anda. Pesaing bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, karena Anda bisa belajar menganalisa apa yang menjadi keunggulan bisnis Anda dibandingkan pesaing.

Alokasikan Modal Bisnis Secara Tepat
Perlu diketahui bahwa terdapat dua cara dalam mengalokasikan modal bisnis.
Pertama adalah capital expenses, di mana modal digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, dan perlengkapan
Contohnya adalah jika Anda akan memulai bisnis laundry maka pembelian mesin cuci, mesin pengering, dan stok sabun cuci termasuk ke dalam pengeluaran ini.

Yang kedua adalah operational expenses, yaitu pengeluaran operasional yang mencakup biaya listrik, sewa gedung, gaji karyawan, dan sejenisnya. Dengan alokasi yang tepat, maka modal kecil dapat digunakan secara efektif dan efisien.

4 – Manfaatkan Peralatan yang Dimiliki
Ketika akan memulai merintis usaha, tidak selamanya Anda membutuhkan peralatan yang baru dan canggih. Anda bisa menggunakan peralatan yang dimiliki terlebih dahulu untuk meminimalisir modal yang keluar.

Dan jika nanti usaha Anda sudah besar dan alat yang ada sudah tidak memungkinkan, Anda baru bisa membeli peralatan yang baru dan lebih canggih. Dengan begitu Anda akan memulai usaha dengan modal yang kecil.

5 – Pilihlah Lokasi yang Tepat Untuk Usaha Dengan Modal Kecil Anda
Lokasi merupakan salah satu aspek penting dalam memulai usaha. Dengan memilih lokasi ramai dan tepat bisa membuat usaha Anda lebih cepat berkembang.

Untuk usaha yang baru dirintis, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan ruangan sekitar rumah yang ada seperti teras atau garasi rumah. Contoh beberapa perusahaan besar di dunia ini berasal dari garasi rumah seperti Apple, Google, Amazon, Microsoft dan lain sebagainya.

Pos terkait