33 Jamba Anak Nagari Ikut Serta Ramaikan Festival Pesona Danau Maninjau

GAYABEKASI.ID | LUBUK BASUNG, SUMBAR — Arak-arakan 33 jamba Anak Nagari turut ramaikan Festipal Danau Maninjau yang mencerminkan tradisi masyarakat Minangkabau, berupa jamba/dulang yang berisikan nasi dan lauk-pauk yang tersusun turut meriahkan Festival Pesona Danau Maninjau di Objek Wisata Linggai Park Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (27/7).

Kepala Bidang Pemuda Dinas Prawisata dan Pemuda Olahraga Agam, Aliyas di Lubuk basung, Rabu mengatakan, jamba itu dibawa oleh “Bundo Kanduang” dari organisasi perangkat daerah PD di Pemda Agam, pemerintah kecamatan, nagari dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Puluhan jamba dibawa oleh Bundo Kanduang diiringi dengan Tambua Tansa yang dimainkan anak Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjungraya,” katanya.

Arak-arakan jamba tersebut dimulai dari gerbang masuk Objek Wisata Linggai Park menuju pusat acara di dalam objek wisata tersebut, Total jamba yang dibawa sebanyak 33 buah berasal dari organisasi perangkat daerah 26 buah, kecamatan satu buah dan nagari enam buah.

“Parade jamba merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau 2022 yang dilaksanakan pada hari pertama pembukaan, Rabu (27/7),” katanya.

Ia menambahkan, arak-arakan jamba itu dalam rangka memperkenalkan kembali budaya ke masyarakat dan diklaborasikan dengan kesenian. Kegiatan lain saat festival, tambahnya, berupa pidato pasambahan dengan peserta 16 kecamatan pada Kamis (28/7). Setelah itu, dilanjutkan dengan lomba menyanyi lagu Minang, Jumat (29/7).

Pos terkait