Pemilu Usai, Saatnya Bersama-sama Membangun Bangsa

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Gelaran pemilihan umum telah selesai. Saat ini Komisi Pemilihan Umum bekerja keras untuk menyelesaikan tahapan berikutnya, menghitung rekapitulasi hasil penghitungan suara. Kita semua seluruh anak bangsa, tentu berharap lahir pemimpin bangsa, yang akan meneruskan estafet pembangunan untuk lima tahun ke depan.

Menang dan kalah adalah merupakan adat pertandingan, termasuk pemilu. Mereka yang kalah perlu legawa dan yang menang harus merangkul semuanya. Bagaimanapun, pemilu hanyalah proses untuk mencapai tujuan bangsa yang lebih besar.

Karena itu, tak perlu menyikapi hasil pemilu dengan emosional, apalagi sampai memicu perpecahan di masyarakat.
Saat tahapan pemilu dimulai, Komisi Pemilihan Umum menggelar deklarasi “Siap Menang, Siap Kalah”.

Artinya, siapapun yang kalah dalam kontestasi pemilu [pilpres] harus menerima hasilnya, dan kemudian bangkit spirit baru untuk bersama-sama membangun bangsa. Demikian pula yang menang, tidak terjebak uforia kemenangan, dan merangkul yang pihak yang kalah, untuk bersama-sama membangun demi kepentingan bangsa dan negara.

Namun dalam praktiknya, tidak semua orang, baik yang menjadi peserta maupun pendukungnya, siap menghadapi hasil pemilu. Semua orang tentu ingin menang, tetapi tidak semua orang siap dan sanggup menerima kekalahan.

Ketika menghadapi kekalahan, kita pun memaklumi dengan pihak-pihak yang merasa kecewa. Namun, manusia itu pada dasarnya lemah. Manusia seringkali merasa mampu mengatur segala hal dalam hidupnya, merasa bisa mengendalikan apapun yang ada di sekitarnya.

Pos terkait