Wali Kota Bukittinggi Erman Safar Lakukan Survei Kualitas Air Minum

GAYABEKASI.ID || BUKITTINGGI — Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Survei Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) untuk mengetahui dan pengelolaan resiko keamanan bagi konsumen.

“Kegiatan SKAMRT bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas air minum aman ditingkat rumah tangga serta mengidentifikasi risiko dan pengelolaan risiko yang ada pada sarana air minum rumah tangga di Kota Bukittinggi,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza, Jumat.

SKAMRT merupakan salah satu kegiatan pengawasan kualitas air minum secara eksternal yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi.

“Survey kualitas air minum di Kota Bukittinggi dilakukan terhadap lima lokus wilayah dengan sampel sebanyak 75 rumah tangga se Kota Bukittinggi, pengambilan sampel air untuk pemeriksaan dilakukan pada dua titik sarana, yaitu sarana air siap minum dan sarana air minum yang digunakan rumah tangga,” kata Linda.

Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik, bakteriologis dan kimia sebanyak 19 parameter sesuai dengan Permenkes No 2 tahun 2023.

Pos terkait