Bangsa Indonesia Sudah Kehilangan Arah, Begini Pendapat : Dr. Suriyanto Pd, SH., MH., M.Kn

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Indonesia sebagai Bangsa yang besar, dikenal sebagai Bangsa yang sangat menjunjung tinggi nilai budaya yang luhur dan bermoral tinggi. Era reformasi mengubah keadaan tatanan berbangsa dan bernegara dari zaman pembungkaman berubah menjadi negri penganut demokrasi, era ini mengubah pengekangan dari rezim orde baru menjadi era keterbukaan.

Lemahnya era reformasi ini menjadikan bangsa yang seharusnya memiliki jati diri sebagai Bangsa yang memilki budaya luhur dan bermoral tetapi belakangan ini terkikis oleh kepentingan-kepentingan kelompok ataupun asing yang menyebabkan bangsa ini seperti buih di lautan.

Bangsa Indonesia kini sudah kehilangan arah. Kondisi saat ini sangat memprihatinkan karena bersamaan dengan kondisi tersebut, sesama anak bangsa juga mulai saling tidak percaya satu sama lain sehingga mengancam kelangsungan bangsa.

Sekarang ini bisa dikatakan terjadi sikap saling percaya yang rendah antar lembaga negara. Terjadi sikap saling mengintip dan saling menerkam. Kalau bangsa ini dibangun dengan sikap tidak percaya, maka dapat mengawali kehancuran bangsa.

Hal ini terjadi sejak adanya perbahan-perubahan pada UUD 1945 yang menjadi dasar dan tonggak negara yang telah dibuat oleh para pendiri Bangsa.
Makna-makna dari pembukaan UUD 1945 pun seperti tidak lagi dipahami untuk dijalankan hampir di setiap sendi kehidupan masyarakat di era reformasi ini.

Seperti halnya yang terjadi saat ini dimana kita akan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan ini banyak hal yang tidak lagi sesuai dengan cita-cita luhur Pancasila dan UUD 1945, seperti terjadinya robohnya konstitusi kita baru-baru ini.

Dalam merubah UU pemilu tentang usia cawapres oleh MK yang bukan kewenangannya, KPU juga melanggar aturan dalam melaksanakan putusan MK yang bertentangan dengan PKPU yang di buatnya sendiri, terjadinya ketimpangan-ketimpangan dalam pelaksanaan kampanye yang dilakukan oleh para oknum pejabat negara.

Pos terkait