Tim Wasrik Itkormar Laksanakan Pengawasan Dan Pemeriksaan

GAYABEKASI.ID l JAKARTA SELATAN – Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Inspektorat Korps Marinir (Itkormar) yang dipimpin Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Kolonel Marinir Tri Subandiyana, S.H. beserta anggota tim melaksanakan Wasrik di Brigade infanteri-1 Marinir (Brigif-1 Mar), Rabu (08/05/2024).

Komandan Brigade infanteri-1 Marinir (Danbrigif-1 Mar) Kolonel Marinir Isna Muksin Abdilah, M. Tr. Hanla., S.E menerima Tim Wasrik dari Inspektorat Korps Marinir (Itkormar) di ruang rapat Brigif-1 Marinir Cilandak Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Tim Wasrik Itkormar ini tidak hanya bertujuan untuk melaksanakan fungsi Pengawasan dan Pemeriksaan tetapi juga sebagai Aparat  Pengawas Intern Pemerintah (APIP)  yang ada ditingkatan Kotama, saat ini berubah fungsi sesuai dengan tuntutan tugas yang

semula  hanya melakukan pengawasan dan pemeriksaan akan tetapi dituntut pula untuk berperan sebagai Penjamin Kualitas (Quality Assurance) dan melaksanakan  kegiatan Konsultasi (Consulting) yang meliputi pemberian saran (advisory)

fasilitator dan pelatihan  serta sebagai pencegah  awal penyimpangan (early warning system’) dalam penyelenggaraan administrasi dan  pemecahan masalah untuk perbaikan sistem sebagai fungsi sebagai salah satu kegiatan penting yang tidak dapat dipisahkan dalam sistem.

Selain itu diharapkan hasil dari Pengawasan dan Pemeriksaan dapat mendorong terwujudnya iklim organisasi yang sehat, mekanisme kerja yang lancar terhindar dari kemungkinan penyimpangan serta penyalahgunaan pelaksanaan program dan anggaran dalam mencapai tugas pokok.

“Wasrik ini sangat besar manfaatnya untuk Organisasi, khususnya Brigif-1 Marinir untuk dapat memberikan laporan dan pertanggungjawaban di bidang administrasi, keuangan dan pengelolaan anggaran, serta memberikan jawaban ubi yang transparan yg dengan menyajikan  data yang diperlukan sesuai obyek yang diperiksa”, terang Irkormar.


(Dispen Kormar, TNI AL)

Pos terkait