Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren PWM Jawa Tengah, Memondokkan Anak Itu Jihad

GAYABEKASI.ID || BANYUMAS — Ketua LP2 PWM Jawa Tengah mengisi Tausyiah Umum di hadapan 654 Santri Baru dan Wali Santri di Kampus 1 PPM Zam-zam Cilongok dalam acara Serah Terima Santri Baru, Ahad (16/7/2023).

Ustadz Arif Fauzi, Lc., M.Pd., selaku Direktur menerima secara simbolis empat anak putra-putri dari 349 santri SMP dan 304 santri SMA MBS Zam-Zam dari salah seorang perwakilan wali santri. Prosesi peresmian sebagai santri baru ditandai dengan dipakaikannya jas almamater oleh Kepala SMP MBS Zam-Zam Utadzah Evy Nurhidayati, S.Pd., bagi santri putri dan Kepala SMA MBS Zam-Zam, Ustadz Pandi Yusron, B.Sh., M.H. kepada santri putra serta pengalungan kartu pengenal.

Bacaan Lainnya

Acara yang disaksikan para wali santri dan tamu undangan itu berlangsung pada Ahad, 16/07/2023 di Aula Kampus 1 Desa Pernasidi. Hadir dan memberikan sambutan, Perwakilan Badan Pembina sekaligus Ketua PCM Cilongok, Ir. Wahyudianto dan Ketua PDM Banyumas, KH. Drs. M. Djohar, M.Pd.

Sedangkan Khutbah Ta’aruf disampaikan oleh Ketua LP2M PW Jateng, KH Dr. M. Irzal Fadholi, M.Pd. M.Pd.I.

Dalam tausyiah motivasinya, Kyai Irzal Fadholi meyakinkan kepada santriwan-santriwati dan para walinya bahwa belajar atau menitipkan anak di pondok pesantren merupakan langkah tepat sebagai usaha mewujudkan generasi yang unggul.

Hal mendasar bagi orang tua yang harus dilakukan adalah keikhlasan yang bermakna sungguh-sungguh. Tanamkan niat memondokkan anak dengan basmallah disertai doa bagi ananda agar betah, kerasan, belajar dengan tekun untuk mendapatkan ilmu dari Allah. Juga doa kepada asatidznya agar senantiasa diberikan kesehatan dan kesabaran serta semanak ngopeni anak-anak.

Sebelumnya Kyai Irzal mengajak para wali santri untuk menirukan ikrar tentang kesiapsetiaan terhadap peraturan pesantren. Selanjutnya ditegaskan bahwa, niat itu amalan penting sebagai salah satu perbuatan maha dahsyat yang diamini oleh langit dan dikabulkan Allah subhanahu wata’ala.

Pos terkait