Budayawan Aki Maja Gagas Festival Nasi Uduk Milenium Lebaran Betawi Pondok Melati 2024

GAYABEKASI.ID l KOTA BEKASI – Tabloid Danta, Bekasi. Bertempat di Teras kediaman Aki Maja sejumlah pentolan Yayasan Kebudayaan Orang Bekasi[KOASI] yang dikomando oleh Sarin Sarmadi alias Bang Ilok, Bang Peo dan Ki Gunen sowan dan kongkow bareng Aki Maja [21/4/2024]

membahas rencana tampilan pada perhelatan Lebaran Betawi Pondok Melati yang memasuki tahun ke – 8. Dimana diketahui bahwa tema Lebaran Betawi Pondok Melati setiap tahunnya selalu berganti dan mengusung tema yang keren,

Bacaan Lainnya

ikonik berdasarkan pada kebiasaan, adat istiadat, seni, budaya maupun tradisi yang pernah ada, maupun masih berlangsung dimasyarakat. Kongkow ringan sambil menikmati kue lebaran yang ada akhirnya tercetus satu ide unik yaitu mengangkat Festival Nasi Uduk sebagai tema pada even lebaran tahun 2024 tersebut.

Bukan tanpa alasan, pasalnya nasi uduk merupakan menu sarapan pagi yang sudah ada sejak ratusan tahun silam dan menjadi menu utama penduduk Betawi sejak dulu kala.
“Nasi uduk menu sarapan yang sangat khas, apalagi ada semur jengkol, bawang goreng, sambel kacang dan kerupuk udang. Sumbrah banget kalo disantap pagi ari” kata Aki Maja budayawan kondang yang juga banyak berkiprah pada sineas tanah air.
“Kalo kita datengin paling sedikit 50 pedagang sebagai perwakilan RT/RW se Kecamatan Pondok Melati pasti seru dan meriah. Kita lombain dan kasih hadiah untuk pemenang”, tambah Bang Ilok penulis cerita Bekasi yang karyanya selalu menghiasi berbagai media sosial.

Sementara itu Bang Peo, lelaki senior yang enerjik dan banyak ide menyetujui “bahkan untuk lebih menambah rame pengunjung lebaran betawi bisa dibarengin dengan bazzar dan pasar malam”, tukasnya.

Bergantinya tema lebaran yang dipilih juga menjadi daya tarik pengujung bahkan media sosial cetak maupun televisi untuk meliput even tersebut.

Ketidaktersediaan dana anggaran dari pemerintah tidak menjadikan suatu even budaya tertunda. Tentu dengan semangat swadaya dan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat even tersebut dapat berlangsung dengan lancar.

KOASI selaku motor penggaggas harus kerja ekstra keras dalam penggalangan dana, menyusun proposal, program kegiatan, kemitraan dan kolaborasi sponshorsip harus terus ditingkatkan.
“Silahkan aja, pihak swasta, pengusaha,

media yang mau kerjasama kita tunggu dengan tangan terbuka”, kata Aki Maja. Memang diketahui bahwa Lebaran Betawi Pondok Melati telah menjadi sebuah pemicu lahirnya even budaya modern yang selalu disiarkan langsung oleh Televisi Nasional.

Setelah tahun 2023 mengusung Tradisi Ngejotin Goes Internasional, Lebaran Betawi 2024 dengan Tema Festival Nasi Uduk Milenium mampu menyedot perhatian masyarakat.(Aki Maja)


Pos terkait