Kadinkes dr.Hendri Rusdian M.Kes Imbau Masyarakat Antipasi Penyakit Mnkaypox

Penularan dari binatang ke manusia bisa melalui kontak cairan tubuh binatang yang terinfeksi atau melalui gigitan, sementara penularan melalui manusia adalah kontak langsung melalui cairan tubuh seperti droplet atau percikan air liur dan lesi pada kulit pasien yang terinfeksi monkeypox, “paparnya.

Adapun gejala dari penyakit monkeypox adalah  demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan serta pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati) yang menjadi pembeda dengan cacar air, sedangkan masa inkubasi dari penyakit ini 5 – 21 hari.

Bacaan Lainnya

Hendri menuturkan, jika ada masyarakat yang terpapar cacar monyet tidak perlu cemas dan panik, upaya penanganan yang harus dilakukan adalah isolasi secara mandiri. Langkah isolasi diri ini menjadi upaya agar meminimalisasi penyebaran virus cacar monyet kepada orang sekitar dan melapor kepada petugas kesehatan atau Puskesmas terdekat.

Pencegahan utama dari monkeypox atau cacar monyet adalah menghindari kontak langsung dengan hewan primata dan pengerat, seperti monyet dan tupai, dan menghindari kontak dengan orang-orang yang sedang terinfeksi cacar monyet, “ungkapnya.


Pos terkait