Kadinkes dr.Hendri Rusdian M.Kes Imbau Masyarakat Antipasi Penyakit Mnkaypox

GAYABEKASI.ID | KABUPATEN AGAM — Untuk antisipasi penyebaran dari penyakit Monkeypox atau cacar monyet di Kabupaten Agabm, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr. Hendri Rusdian, M.Kes meminta kepada petugas kesehatan dan masyarakat untuk melakukan antisipasi secara bersama-sama.

” Saat dikonfirmasi di Lubuk Basung Sabtu 3/9, dr. Hendri mengatakan bahwa memang sampai saat ini kasus Monkeypox belum ada di Kabupaten Agam, akan tetapi tentu perlu dilakukan upaya-upaya sedini mungkin oleh petugas kesehatan bersama masyarakat agar penyakit cacar monyet ini tidak merebak.

Bacaan Lainnya

Menurut dr. Hendri, antisipasi yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah bagaimana dalam kehidupan sehari-hari menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan cuci tangan.

“Sementara kepada petugas kesehatan dr. Hendri menghimbau, untuk melaporkan jika menemukan kasus sesuai kriteria monkeypox, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan klinis guna menegakkan diagnosa monkeypox, melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai tanda gejala, penularan dan pencegahan penyakit monkeypox, melakukan kontak traching apabila ada kasus konfirmasi monkeypox, dan agar petugas mengunakan APD lengkap dalam menanggani kasus suspek monkeypox.

Hendri menjelaskan bahwa penyakit monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis) melaui dua mekanis penularan, yaitu dari binatang ke manusia dan dari manusia ke manusia.

Pos terkait