Banjir Bandang di Pesisisr Selatan Dapat Kunjungan Dari Mentri Perumahan dan Pemukiman PUPR Basuki Adimuljono

GAYABEKASI.ID || PAINAN — Mentri Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi terdampak banjir bandang di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Senin (11/3/2024).

Pada kunjungan tersebut, Basuki Hadimuljono menduga dua kemungkinan pemicu terjadinya banjir bandang di Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu illegal logging (pembalakan hutan) dan hujan ekstrem.

“Kondisi geografis juga sangat berpengaruh, tebing lalu jalan dan langsung ke sungai, luncuran airnya cepat. Tapi sebetulnya hutan di Sumatera Barat ini lebih baik dari daerah lain. Dulu saya meninjau sebelum banjir, airnya bening, pasti catchment areanya baik. Tapi saya curiga galodo atau banjir bandang ini ada dua kemungkinan, ada illegal logging di atas atau karena ada curah hujan yang ekstrem,” ujar Basuki.

Namun demikian, Menteri Basuki memastikan Kementerian PUPR bakal membantu perbaikan prasarana umum yang rusak akibat bencana tersebut.

“Saya bertanggungjawab untuk prasarana umum yang terdampak. Kalau ada jalan, jembatan, kantor, sekolah, dan fasilitas umum rusak, itu tanggungjawab Kementerian PUPR,” katanya.

Menurutnya, perbaikan permukiman warga yang rusak menunggu laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait kategori kerusakannya.

“Perbaikannya bisa dibantu stimulan untuk yang rusak ringan dan sedang. Kalau yang berat bisa dibangunkan kembali. Tentu untuk itu, kita perlu menunggu pendataan dari BNPB,” ucapnya lagi.

Pos terkait