Dr. Suriyanto Pd, dalam Kontestasi Politik Ajak Kedepankan Politik Santun dan Cerdas

DI tengah kontestasi politk saat ini, Suriyanto mengajak para pihak yang bersaing perlu memperhatikan adab atau kesantunan dalam bertindak jangan mencari-cari celah yang merusak tatanan hukum sehingga menciderai esensi demokrasi.

Suriyanto menambahkan, dalam konteks bernegara dan bermasyarakat, kesantunan itu harus diwujudkan dalam persamaan (hak dan kewajiban). Kemudian, saling menghormati dan menghargai. Peradaban Indonesia ini pada intinya adalah kesantunan yang ditunjukkan oleh umat Islam ataupun umat-umat yang lain dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Etika politik mutlak diperlukan bagi perkembangan kehidupan berpolitik, karena etika politik merupakan prinsip pedoman dasar yang dijadikan sebagai pondasi pembentukan dan perjalanan roda pemerintahan,” ujarnya.

“Etika politik harus menjadi pedoman utama dengan politik santun, cerdas dan menempatkan bangsa dan negara diatas kepentingan partai dan golongan. Dalam berpolitik pun harus mengedepankan etika dan moral,” pungkasnya.


Sumber : Suriyanto, Pengajar Ilmu Hukum di Jakarta.

Pos terkait