Pentingnya Membangun Komunikasi Publik Dengan Beragam Platform Media

GAYABEKASI.ID || KAB AGAM — Di era transformasi digital, media komunikasi telah berkembang pesat dan arus informasi sangat mudah didapat melalui berbagai platform media. Oleh karena media informasi diakses tanpa batas, tanpa latar, dan tanpa kenal waktu, tidak semua informasi yang berkembang dapat menguntungkan kita baik secara pribadi maupun institusi. sebagai institusi harus beradaptasi dengan perkembangan tersebut.

Tetapi juga mengakselerasi berbagai informasi dan tren positif bagi institusi pemerintah. Selain itu, seluruh jajaran juga harus memiliki strategi, memiliki landasan, dan kemampuan dalam mengolah informasi.

Pola komunikasi tradisional dan konvensional sudah tidak bisa lagi dipertahankan, kita harus memulai era baru yaitu digitalisasi informasi. Perubahan tersebut membuat kita mawas diri, dewasa dalam menyikapi setiap informasi, dan bijak dalam menggunakan berbagai platform media.

“Kita tidak boleh alergi dengan kritik dan saran. Jadikan keduanya sebagai bahan introspeksi dan evaluasi karena media dan masyarakat hanya butuh konsistensi, transparansi dan kecepatan dalam pemeberitaan. Membangun narasi yang positif menjadi suatu keharusan dalam menyampaikan informasi,”

Terkadang informasi negatif pun dapat berdampak positif, karena dapat mendeteksi sejak dini suatu peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang. Peranan strategi media juga tidak terlepas dari publikasi yang masif dari berbagai platform media. Strategi tersebut berpengaruh signifikan dalam membranding institusi melalui kemasan/penyampaian yang baik.

“Kinerja dengan publikasi adalah suatu keniscayaan, masyarakat harus tahu kerja dan kinerja pemerintahan, agar masyarakat dapat mengkritisi dan dapat menerima manfaatnya,” agar seluruh satuan kerja dapat menjalin komunikasi yang baik dengan awak media.
agar meningkatkan pelayanan publik yang mudah, cepat, tepat dan transparan dalam membangun berbagai platform media guna memudahkan akses informasi kepada media dan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh ketua LSM Garuda Nasional Indonesia DPW Sumatera Barat saat bincang- bincang di warung kopi Sabtu 30 September 2023.


Sumber : Tim Publikasi Garnas, Sumbar.

Pos terkait