Politik Uang Menciderai Nilai-Nilai Demokrasi, Ini Kata Dr. Suriyanto, SH, MH, M.Kn

Jika kita, konsisten dan komitmen untuk menegakkan demokrasi sebagaimana yang telah diperjuangkan dengan susah payah selama ini, harusnya kita bermain di arena yang jujur.

Sebagai anak bangsa, yang mencintai tanah air, saya mengimbau agar pemilu menjadi festival gagasan di mana politisi saling beradu argumen tentang bagaimana mengatasi persoalan publik bangsa, seperti kerusakan alam, oligarki, kesenjangan sosial, represi terhadap ruang kebebasan sipil dan banyak hal mendasar lain demi kemajuan bangsa.

Jangan mempertontonkan kekonyolan-kekonyolan yang menyimpang dari nilai-nilai demokrasi. Pemilu 2024 ini, menjadi pertaruhan keberlangsungan demokrasi. Politik uang adalah musuh kita bersama. Politik uang itu enak diawal, susah di belakang.

Saat menerima masyarakat senang mendapatkan uang, namun setelah pelaku politik uang itu terpilih, masyarakat tidak akan merasakan pembangunan. Jangan memilih politisi yang suka bagi-bagi uang. Mari kita selamatkan bangsa ini dengan menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.


Sumber : Dr. Suriyanto, SH, MH, M.Kn Pakar Hukum, Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta

Pos terkait