Perlunya Lembaga Survey Politik yang Memiliki Kompetensi dan Integritas

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Ramainya hasil lembaga survey yang bermunculan jelang pemilu 2024 terkadang membuat pikiran masyarakat menjadi bingung atau apatis dengan hasil survey yang ditampilkan lembaga-lembaga survey. Apatisnya sebagian besar masyarakat terhadap hasil lembaga survey khususnya untuk capres dan cawapres dalam setiap minggu berbeda-beda satu dengan yang lain nya.

Ada apa sebenarnya dengan lembaga survey tersebut, lantas apa yang menjadi tolak ukur sebuah lembaga survey agar dapat dikatakan lembaga yang memiliki kompetensi dan integritas.

Bacaan Lainnya

Setiap kali menjelang perhelatan politik kita akan sering mendapatkan hasil survei yang menginformasikan kemungkinan tingkat ketokohan (popularitas) keterpilihan (elektabilitas) calon pemimpin atau partai politik di Indonesia lengkap dengan analisis penelitiannya.

Hasil survei tersebut kemudian di-blow up oleh media massa dan media sosial secara masif, rilis hasil survei sambung-menyambung dari lembaga yang berbeda sehingga banyak lembaga survei yang terkenal di masyarakat.

Dan pada hari pencoblosan ada lomba hitung cepat (quick count) antar lembaga survei untuk menentukan siapa pemenang dari perhelatan demokrasi tersebut.

Untuk mendapatkan hasil survey yang bisa dipertanggug jawabkan, sangat diperlukan lembaga survey yang memiliki kompetensi dan integritas, sehingga hasilnya bisa dijadikan rujukan.

Pos terkait