Kata Joda, Catatan Akhir Tahun 2022 LKBH Hipakad-63, Menuju 2023 Lebih Baik

Selain itu juga LKBH akan melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah atau terkait dalam penyuluhan Hukum sehingga masyarakat nantinya akan sadar hukum dimana masyarakat merupakan objek hukum dan ada dalam hukum Adagium ignorantia jurist non excusat yang artinya Ketidaktahuan hukum tidak dapat dimaafkan, maka disinilah perlunya LKBH Hipakad’63 hadir ditengah-tengah masyarakt dalam bentuk program Masdarkum (Masyarakat Sadar Hukum) melalui penyuluhan hukum.

Para praktisi Hukum yang bergabung dalam LKBH Hipakad’63 mempunyai prinsip dasar yaitu menegakan dan mencari keadilan atau istilah latin Fiat justitia ruat caelum yang artinya Hendaklah keadilan ditegakan, walaupun langit akan runtuh.

Bacaan Lainnya

LKBH Hipakad’63 tidak hanya menangani perkara atau konsultasi di bidang Hukum saja, tetapi juga mengkritisi kebijakan pemerintah daerah dimana dalam kebijakannya tidak berpihak kepada masyarakat, begitu juga instansi penegak hukum dalam hal ini KPK ,Kejaksaaan, Kepolisiaan terutama dalam penanganan masalah korupsi yang semakin mengkhawatirkan (extra ordinary crimes).

Memasuki tahun 2023 LKBH Hipakad’63 akan menggelontorkan berbagai program kesatu pelatihan di bidang Hukum untuk paralegal sehingga dapat melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam pemeriksaan di kepolisian.

Kedua melalui program magang bagi sarjana hukum. Harapan kedepannya LKBH Hipakad’63 bisa melahirkan praktisi-praktisi Hukum yang terbaik bagi lulusan Sarjana Hukum, dengan kata lain kampus ke dua setelah Universitas dimana mereka belajar di Fakultas Hukum untuk mendapatkan gelar Sarjana Hukum.

Catatan akhir 2022 LKBH Hipakad’63 merupakan refleksi perjalanan yang dimana suatu keharusan bagi kita khususnya pengurus LKBH Hipakad’63 intropeksi diri dimana kekurangan dan kelemahan lembaga ini untuk dapat diperbaiki di tahun 2023 dan bahkan dapat meningkatkan baik dari sisi internal maupun eksternal supaya apa yang menjadi suatu harapan atau keyakinan yang diharapkan menjadi kenyataan di masa mendatang.


Kantor, Jalan Ir.H.Juanda No.271 Bulak Kapal
Kel.Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Sumber : Joko Sutrisno Dawoed. SH

Pos terkait