Dinas Pertanian Agam Alokasikan Dana Rp 2,4 M Pengadaan Alsitan

GAYABEKASI.ID | LUBUKBASING, SUMBAR Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengalokasikan dana sebesar Rp 2,4 miliar pada 2022, untuk pengadaan 196 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dalam mendukung peningkatan produksi pertanian di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Agam Arief Restu didampingi Kabid Prasarana Sarana Pertanian dan Penyuluh Dinas Pertanian Agam, Armelia di Lubukbasung, Rabu, mengatakan dana Rp 2,4 miliar itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk dua unit dan Dana Alokasi Umum (DAU) 194 unit.

Bacaan Lainnya

“DAU itu merupakan dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Agam,” katanya.

Ia mengatakan, ke 196 unit Alsintan itu berasal dari 13 jenis yakni, kultivator, mesin perontok padi, mesin potong rumput, hand sprayer elektrik, mesin perontok jagung, gergaji kayu, traktor roda dua rotari, traktor roda dua biasa, excavator mini, kincir air, gerobak, color sorter dan UV Dryer.

Penerima bantuan Alsintan ini merupakan petani yang tergabung dalam kelompok tani aktif, serta terdaftar di Sistem Informasi Penyuluh Pertanian (Simluhtan). Sebelumnya kelompok juga harus mengajukan proposal ke Dinas Pertanian.”Bantuan itu sedang dalam proses tender dan setelah itu diserahkan ke kelompok tani,” katanya.

Pos terkait