Lantik 8 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Kaltim, Akmal Berpesan Optimalkan Peran dan Kolaborasi Dalam Hadapi Isu Global

GAYABEKASI.ID l SAMARINDA – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik berpesan kepada delapan pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik, agar terus memberikan kinerja terbaik, atas amanah yang diberikan serta kepercayaan pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan saat Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, di Pendopo Odah Etam, Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (21/03/2024).

Bacaan Lainnya

Akmal menjelaskan Ada 3 (tiga) faktor yang berperan dalam kebijakan publik. Ketiga faktor itu adalah Aktor Kebijakan, Substansi Kebijakan dan Konteks Kebijakan.

“Bapak dan Ibu yang dilantik hari ini sebagai Aktor Kebijakan diharapkan dapat proaktif, memahami Substansi Kebijakan, dan Konteks Kebijakan yang akan dilaksanakan, serta mengoptimalkan peran masing-masing, hingga tentunya saling berkolaborasi,” pesan Pj Akmal.

Kaltim yang dinilai sebagai paru-paru dunia punya andil besar dalam menghadapi iklim global saat ini. Arah kebijakan Kaltim kedepannya, harus adaptif dan inovatif terutama dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Keberadaan IKN Nusantara juga berdampak pada Bumi Etam, terutama pada percepatan pertumbuhan wilayah.

“Dengan konsep green smart city yang diusung IKN, Kaltim harus bisa mengimbangi dengan visi cerdas dan menciptakan kebijakan-kebijakan dengan berorientasi ramah lingkungan,” imbuhnya.

Adapun beberapa isu global penting juga ditekankan Akmal seperti investasi, pengelolaan keuangan, ketahanan pangan, lingkungan, dan isu-isu lain yang termasuk dalam arah kebijakan pembangunan Kaltim.

“Kedepannya, kita harapkan Kaltim dapat menjadi contoh dalam menghadapi isu Global dan pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya. (cpy/pt)

Untuk diketahui, delapan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang dilantik, antara lain:

  1. Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kaltim
  2. Fahmi Prima Laksana, S.E., M.M sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim
  3. Anwar Sanusi, S.Pd., M.Pd sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kaltim
  4. Munawwar, S.T., M.Si sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja
  5. Ir. Ence Achmad Rafiddin Rizal sebagai Kepala Dinas Perkebunan Kaltim
  6. Puguh Harjanto, S.STP., M.Si sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim
  7. Ahmad Muzakkir, S.T., M.Si sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
  8. Arih Frananta Filifus Sembiring sebagai Staf Ahli Bidang I Gubernur Kaltim

Pos terkait