Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Tetapkan Tanggap Darurat Selama Seminggu

Selain merendam ribuan rumah, banjir turut meluluh lantakan lahan pertanian, ternak dan perkebunan warga. Sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial pun tak luput dari banjir, namun tidak mengganggu pelayanan publik.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) secepat, banjir turut merusak infrastruktur seperti jalan dan juga jembatan. Kondisi menyebabkan sejumlah pemukiman warga terisolasi.

Tidak hanya itu, sejumlah ruas jalan nasional Padang-Bengkulu pun putus, mengakibatkan akses dari kedua arah menjadi lumpuh total. Arus distribusi dan transportasi sempat terhenti beberapa saat.

Bahkan yang lebih memilukan, banjir turut merenggut sedikitnya 10 korban jiwa yang tersebar di sejumlah kecamatan. Serta mereka terjebak ketika hendak menyeberangi sungai saat pulang dari kebun.

Saat kejadian bupati dan Ketua TP PKK tidak berada di Pesisir Selatan. Keduanya sedang dinas luar. Namun ketika hendak pulang, ruas jalan nasional Padang-Painan lumpuh akibat tertimbun material longsor.

Pos terkait