Rustam Fachri: Kompeten Wartawan Itu Menunjukkan Keprofesionalan

GAYABEKASI.ID l KOTA BEKASI – Gayabekasi.id -Dewan Pimpinan Cabang (DPC) AWPI Kota Bekasi, menyelenggarakan kegiatan Uji Kopentensi Wartawan (UKW). Bertemakan ” Meningkatkan Kopentensi dan Profesional Wartawan ” Bekerjasama dengan FIKOM Universitas, Prof. DR. Moestopo (Beragama) yang berlangsung selama 2 (dua) hari di Gedung Bekasi Creative center, Margahayu, Kota Bekasi Jawa Barat. Pada Sabtu-minggu (9-10-12-2023)

Uji kompetensi wartawan merupakan langkah penting dalam menjaga standar profesionalisme, melindungi kepercayaan masyarakat, dan meningkatkan kualitas peliputan berita.

Bacaan Lainnya

Dalam era informasi yang semakin kompleks, uji kompetensi menjadi sarana untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan etika wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Menanggapi hal tersebut, Rustam Fachri Alumni Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga anggota komisi Pengaduan dan Penegakan Etik Dewan Pers itu, mengatakan bahwa wartawan yang melakukan kerja profesionalnya itu memliki standar kerja setara.

“Sehingga dalam konteks kepentingan publik, pelaksanaan kegiatan jurnalistik itu bisa diselenggarakan dengan baik dan berintegritas memenuhi kepentingan masyarakat yaitu kualitas Wartawan juga perlu distandarkan,”katanya

Menurut nya, yang pertama itu Kopenten pengetahuan praktis, kemudian pengetahuan yang sifatnya soft skill, dan integritas maupun etik kegiatan jurnalistik.

“Tentu, standarnya banyak sekali ya, bahwa wartawan itu harus memliki pengetahuan praktis, bagaimana menulis, wawancara, dan mempublikasikan, dan bagaimana memahami bahwa karya jurnalistik yang diterbitkan, disiarkan, itu sudah memenuhi keberimbangan, dan tidak menghakimi, juga memegang prinsip azas praduga tak bersalah,”Ucap mantan wartawan senior tempo itu Rustam Fachri

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa untuk memenuhi syarat mata uji Kopenten itu, berdasarkan apa yang disampaikan oleh dewan pers itu minimal memliki atau mencapai nilai 70.

“Maka standar lulus ya, dari setiap mata uji itu nilainya 70. Jika dibawah 70 berarti dia tidak Koventen atau belum lulus untuk mata uji tersebut,”ungkap Rustam Fachri yang juga salah satu penguji kegiatan Uji Kopentensi Wartawan saat diwawancarai di Bekasi Creative center

Sementara Ketua AWPI DPC Kota Bekasi Jerry menyampaikan terimakasih atas support dan dukungan dari pemerintah Kota Bekasi dan juga Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas, Prof. DR. Moestopo, (Beragama) dalam hal ini penyelenggara sebagai penguji atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Semoga Uji Kopentensi wartawan ini dapat bermanfaat, menambah ilmu pengetahuan atau bekal untuk kita semua khususnya anggota yang tergabung dalam wadah Organisasi Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPC Kota Bekasi. Sesuai moto kita “Meningkatkan Kopentensi Pers Profesional Wartawan “, bagi rekam rekan yang belum berkesempatan ikut mudah mudahan kedepan dapat ikut, ” Ujarnya

Jerry berharap, seluruh anggota yang telah mengikuti UKW tersebut, menjadi suatu dasar ilmu keprofesionalan menjunjung tinggi nilai-nilai kode etik jurnalistik, dan menjaga marwah profesi kewartawanan.

Ada pun Peserta UKW Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) dan AWPI DPC Kota Bekasi, pada 9-10 Desember 2023 di Creative Center Kota Bekasi.

Moh Hatta Tahir, S.Sos ,Rhagil Asmara S.N
Rosyadi ,Suryono, ST ,Yulizar H ,Arifin Dalimunthe ,Dedeh Mahkuto Pertiwi, Eko Budiarso, Fathir ,Jerry, Lukmanul Hakim

Dewan Penguji UKW , Rustam Fachri,
Retno Intani ,Staff Universitas Prof Dr Moestopo

(Imron R)


Pos terkait