Ganjar Bangun 2.353 Desa Mandiri Energi, Jateng Jadi Percontohan Nasional

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Provinsi Jawa Tengah telah memiliki 2.353 desa mandiri energi dari total 8.500-an desa/ kelurahan. Terobosan Ganjar Pranowo, saat menjadi Gubernur Jawa Tengah tersebut, menjadi percontohan pengembangan energi baru dan terbarukan nasional

Keberhasilan tersebut, sebagai bukti bahwa Ganjar memiliki komitmen untuk terus melakukan upaya dalam transisi energi baru terbarukan.

Berbagai pemanfaatan energi terbarukan di Jawa Tengah terdiri dari pembangkit listrik tenaga surya, hidro, panas bumi, sampah, serta pemanfaatan energi nonlistrik seperti biodiesel, biogas, biomasa, dan gas rawa (biogenic shallow gas).

Dari 2.353 desa mandiri energi, terdiri atas 2.167 desa mandiri energi inisiatif, 160 desa mandiri energi berkembang, dan 26 desa mandiri mapan.

Keberhasilan transisi energi tersebut telah memberikan beragam manfaat. Di antaranya, biaya sistem kelistrikan yang lebih murah, diversifikasi ekonomi, pengembangan industri baru, munculnya lapangan kerja hijau, perbaikan kualitas udara, tanah, dan air, serta penurunan biaya kesehatan.

Pos terkait