Sosok Pemimpin yang Negarawan di Pilpres dan Pileg 2024, Ini Kata Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn.

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Indonesia merupakan negara yang diberi karunia berlimpah oleh Tuhan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan corak dan kegunaan masing-masing. Kekayaan Indonesia, baik berupa sumber daya alam maupun keanekaragaman budaya, sudah semestinya semua itu menjadi tanggungjawab setiap penduduk Indonesia untuk menjaga dan mengelolanya demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur.

Namun karunia yang berlimpah tersebut, merupakan suatu tantangan yang besar. Dibutuhkan sosok pemimpin negarawan, sebagai penggerak roda bangsa ini.
Sosok negarawan, bukan hanya sekedar sebutan, tetapi sosok yang mampu membawa bangsa Indonesia menjadi negara yang merdeka dan diakui oleh Negara lain.

Sosok yang tegak lurus sesuai rumusan pedoman bernegara yang dituangkan dalam bentuk Undang-Undang Dasar.
Sosok negarawan adalah pemimpin yang mampu menolak menjual idealisme demi materi yang memberi kesenangan dunia dan individual semata.

Sebagai seorang pemimpin, mereka menyadari kewajiban dan tanggungjawab untuk berkontribusi maksimal bagi bangsa dan negara dan tak sedikit diantara mereka justru rela mengorbankan jiwa raga demi kepentingan seluruh rakyat. Mereka berada di garda terdepan, yang demikianlah hakikat pemimpin dan negarawan yang sesungguhnya.

Sosok negarawan tersebut memiliki pemikiran cerdas dalam melihat kondisi bangsa dan negara. Mereka berpandangan jauh ke depan dengan merumuskan pedoman bernegara tanpa memikirkan kepentingan sekelompok golongan.

Indonesia sebagai negara yang besar masih dalam kabut gelap mencari sosok pemimpin yang negarawan. Hiruk pikuk menghadapi pemilu 2024 muncul jargon-jargon dan slogan-slogan para calon pemimpin yang akan dipilih oleh seluruh lapisan pemilih di Februari 2024 mendatang baik itu di tatanan pileg dan pilpres.

Pos terkait