KPK Usut Kasus Dugaan Korupsi di Kemenaker Tahun 2012, Ini Pendapat Pakar Hukum Dr Suriyato PD

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Asep Guntur menyebut saat ini KPK tengah mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan sistem pengawasan TKI di Kementerian Tenaga Kerja yang terjadi pada tahun 2012. Saat itu, Mennakertrans dijabat Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Asep Guntur kepada awak media di Jakarta, Jumat 1 September 2023.

Karena itu, pihak KPK memastikan akan melakukan pemeriksaan kepada sosok yang menjabat sebagai Ketua Umum PKB itu untuk mengetahui fakta di balik kasus tersebut.

“Semua pejabat di tempus (waktu kejadian) itu dimungkinkan kami minta keterangan. Kenapa? Karena kami harus mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya jangan sampai ada secara pihak si A menuduh si B, si C menuduh si B lalu si B tidak kami mintai keterangan kan itu janggal. Jadi semua yang terlibat yang disebutkan oleh para saksi dan ditemukan di bukti-bukti kami akan minta keterangan,” Demikian disampaikan Asep Guntur

Menurut informasi, Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) digeledah KPK. Penggeledahan dilakukan terkait penyidikan kasus korupsi.

“Giat (penggeledahan) masih berlangsung,” kata sumber tepercaya dikutip dari detikcom Jumat (18/8/2023). Sumber tersebut menyebutkan penggeledahan dilakukan di kantor Kemnaker di Jalan Gatot Subroto, Jaksel. Tak hanya itu, penggeledahan juga dilakukan di rumah Perum Taman Kota Blok B2 Nomor 9 Bekasi. Sumber tersebut mengatakan penggeledahan ini terkait kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI.
“Kaitan pengadaan sistem proteksi TKI,” ucap sumber tersebut.

Pos terkait