Calon Pemimpin yang Akan Diusung Tidak Boleh Dipaksakan

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Dalam rangka mempersiapkan calon atau kader pemimpin bangsa mendatang, sangat diperlukan sosok pemimpin yang tangguh, handal, tidak cengeng serta menanamkan dan menumbuhkan jiwa kepimpinan yang trust (kepercayaan).

Maju mundurnya suatu bangsa, tergantung dari kinerja para pimpinan disetiap level, mengingat kepemimpinan meliputi beragam kualitas dan keterampilan diri maka seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mampu mengatur berbagai tugas, berkomunikasi secara efektif, dan menciptakan lingkungan kerja tim yang positif.

Kekuatan skill leadership dapat memperlancar seorang pemimpin berhubungan dengan orang lain dalam membuat keputusan yang produktif, dan memberikan bimbingan yang efektif terhadap bawahan.

Kekuatan profesional dapat mencakup keterampilan atau kualitas yang telah ditunjukkan, karakteristik atau kemampuan sosial serta seorang pemimpin dapat mengelola tim secara efektif, memotivasi bawahan, mendelegasikan tugas dan menggunakan umpan balik untuk meningkatkan level kepemimpinan dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu pemimpin harus memiliki keterampilan interpersonal yang kuat dan soft skill lainnya seperti mendengarkan secara aktif, memetakan strategi dan kemampuan untuk menengahi konflik.

Seorang pemimpin harus memiliki leadership skill dengan baik, karena memegang peranan penting dalam sebuah manajemen kepemimpinan, bisa menginspirasi orang lain untuk mengimplementasikan program kerja yang telah ditetapkan.

Kepemimpinan merupakan hal penting dalam suatu negara, sebab kepemimpinan adalah salah satu kunci vital keberhasilan megelola negara dapat tercapai. Semua keputusan, pergerakan dan laju pembangunan membutuhkan leadership.

Pos terkait