Calon Pemimpin yang Akan Diusung Tidak Boleh Dipaksakan

Alasan penting mengapa leadership penting adalah sebagai dasar untuk membangun tim yang kuat. Visi dan misi sebuah tim harus dicapai melalui kerja keras dan membutuhkan bimbingan dari orang yang memiliki kemampuan dalam mempimpin yang sangat kuat

Mengutip apa yang disampaikan Ki Hadjar Dewantara, seorang pemimpin negara harus memiliki prinsip dasar kepemimpinan yaki Ing ngarsa sung tulada. Artinya, di depan memberi teladan. Pemimpin harus menjadi contoh bagi anak buahnya.

Ing madya mangun karsa. Artinya di tengah membangun kehendak atau niat. Pemimpin harus berjuang bersama anak buah. Tut wuri handayani. Artinya, dari belakang memberikan dorongan. Ada saatnya pemimpin membiarkan anak buah melakukan sendiri.

Seorang pemimpin, harus pula mampu memecahka masalah. Bahwa pemecahan masalah (problem solving) adalah suatu proses terencana yang perlu dilaksanakan agar memperoleh penyelesaian tertentu dari sebuah masalah yang mungkin tidak didapat diselesaikan segera.

Pemimpin mampu mengambil keputusan tepat, dan mampu untuk menyelesaikan masalah. Seorang pemimpin, diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang ditawarkan oleh bawahan. Untuk itu, peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk mencegah masalah, mengurangi kemungkinan terjadinya masalah sebelum berubah menjadi lebih besar dan menyelesaikan masalahnya dan disertai pengambilan keputusan di setiap level kepemimpinan.

Menurut para ahli teori kepemimpinan, terdapat tiga konsep mengenai asal-usul pemimpin. Tiga konsep tersebut adalah bahwa pemimpin itu dilahirkan, bahwa pemimpin itu dibentuk, dan bahwa pemimpin itu dilahirkan dan diasah bakatnya sehingga menjadi pemimpin yang sesungguhnya.

Pos terkait