Mengenal Wisata Budaya Edukasi Sunda “Saung Angklung Udjo” Bandung

GAYABEKASI.ID, – CICAHEUM, BANDUNG – Angklung menjadi salah satu alat musik tradisional khas Jawa Barat khusunya Bandung. Untuk mengenalkan alat musik tradisional tersebut banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya melalui pariwisata seperti yang dilakukan Saung Angklung Udjo,Minggu 7/11/21

Mengenalkan musik tradisional menjadi salah satu hal yang harus dilakukan dengan tujuan agar semua generasi mengetahui tentang musik tradisional tersebut. Jangan sampai generasi masa kini lupa atau bahkan tidak mengenal tradisi dan kebudayaan yang kita miliki.

Bacaan Lainnya

Angklung adalah musik tradisional yang banyak dikembangkan oleh masyarakat Suku Sunda. Alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk dengan sedemikian rupa ini dapat menghasilkan alunan musik yang indah.

Saung Angklung Udjo (SAU) adalah suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung. Pertunjukan rutin di Saung Angklung Udjo dilaksanakan setiap sore mulai jam 16.00 – 17.00 Wib.

Saung Angklung Udjo tidak terbatas pada hanya menjual seni pertunjukan saja, berbagai produk alat musik bambu tradisional (angklung, arumba, calung dan lainnya) dibuat dan dijual kepada para pengunjung.

Udjo Ngalagena lahir 5 Maret 1929 beliau anak keenam dari pasangan Wiranta dan Imi.
Udjo Ngalagena mencintai kesenian angklung sejak umur 4 tahun, yang akhirnya
Ditahun 1966 mendirikan Sanggar Saung Angklung Udjo oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati,

dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. Berlokasi di Jalan Padasuka 118, Bandung Timur Jawa Barat Indonesia.


(ZulfanFlora)

Pos terkait