Tiba di Merauke, Wamenhan M. Herindra Tinjau Panen Raya Food Estate di Papua Selatan

GAYABEKASI.ID l MERAUKE, Papua Selatan – Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan, Rabu (17/4/2024). Kunjungan Wamenhan tersebut dalam rangka meninjau jalannya Panen Raya Padi di lahan Distrik Semangga (17,630.67 Ha), yang merupakan salah satu Kawasan Sentral Produksi Pangan (KSPP) I Greater Merauke.

Bacaan Lainnya

Setibanya di Bandara Mopah Merauke, Wamenhan disambut oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, dan Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan. Pada kesempatan itu, Menteri Pertanian memakaikan topi adat Papua kepada Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra sebagai simbolis diterimanya di Tanah Papua.

Di tengah hujan lebat, Menteri Pertanian bersama Wamenhan meninjau panen raya padi dan turun langsung ke area sawah yang akan dipanen. Saat memanen padi, digunakan alat mekanisasi pertanian, berupa combine harvester yang kemudian masuk pada proses pencacah gabah.

“Wah ini penuh berkah luar biasa. Pak Wamen, beliau turun ke lapangan tidak mengenal hujan. Pantang mundur, demi swasembada ke depan,” tegas Mentan.

“Terima kasih Pak Mentan. Ini kita di Merauke sedang melaksanakan panen raya, lambang yang terkuat padi, dalam rangka ketahanan pangan. Mudah-mudahan ke depan Indonesia dapat berswasembada pangan,” sambung Wamenhan.

Kementerian Pertahanan sangat mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional dengan diawali pembentukan sentra-sentra lumbung pangan yang salah satunya di Merauke.

Pembangunan lumbung pangan Merauke juga mencakup peningkatan industrialisasi pertanian melalui pembangunan pabrik-pabrik pengolahan hasil pertanian, pengelolaan hasil panen serta pembentukan badan cadangan logistik strategis dalam rangka menciptakan ketahanan pangan.

Dalam kegiatan tersebut Wamenhan M. Herindra didampingi oleh Asisten Khusus Menhan Bidang Ketahanan Pangan, Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana, Asisten Khusus Wamenhan Brigjen TNI (Purn) Rosdianto, Ketua Satgas

Percepatan Matra Darat Letjen TNI (Purn) Putranto, Kepala Cadangan Logistik Strategis Kemhan RI Brigjen TNI Heru Sudarminto, dan Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha. (Biro Humas Setjen Kemhan)


Pos terkait