Program ketahanan Pangan Desa Cijaya Pokus Ternak dan Pembesar Hewan Kerbau

GAYABEKASI.ID l PURWAKARTA-Ketahanan Pangan yang diatur dalam peraturan Menteri Desa PDTT nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2023. Pasal 6 ayat (2) Penggunaan Dana Desa untuk program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa, yaitu ketahanan pangan nabati dan hewani.

Dalam mejudkan program ini Pemerintah Desa Cijaya Kec Campaka Purwakarta ini melalui kelompok ternak Pelita jaya pokus beternak dan pembesaran hewan kerbau.
Kepala Desa cijaya Tri sutisna kades 3 Priode yang sering disapa dengan sebutan Lurah Oyok ini menuturkan ke awak media Gayabekasi.id ketika ditemui di lokasi

Bacaan Lainnya

ternakNya mengatakan” Kelompok ternak yang dibentuk ini yang diberi nama kelompok ternak Pelita jaya berasal dari anggaran dana Desa tahun 2023, dengan penyertaan modal awal adalah 7 ekor kerbau dengan harga kerbau per/ekornya Rp 24 jt, berat sedang atau kerbau remaja,

di gembalakan di areal yang luas lahannya sekitar 4 H, serta dibuatkan kandang yang bisa menampung 30 ekor kerbau, serta dibuatkan kolam untuk berendam didalam kandang disesuaikan dengan kebiasaan hewan tersebut.

lanjut Oyok disamping Kelompok ternak yang memiliki 7 ekor kerbau saya selaku Pribadi juga ikut beternak kerbau sebanyak 15 ekor, dengan adanya penambahan populasi kerbau ini kami sepakat sistim bagi hasil untuk menambah pendapatan kelompok ternak yang dibina oleh Pemerintahan desa.

Alhamdulillah kalau ada rejeki dari Usaha saya yang lain saya selalu menambahkan jumlah kerbau ini, Insya Allah besok hari Rabu rencananya kerbau saya akan bertambah indukan 2 ekor lagi dengan asumsi per ekornya Rp 27 juta yang sudah saya pesan dari pasar hewan Plered Ucap kades.

Selain tempat yang memadai untuk beternak. Hewan kerbau ini kami pilih karena di Desa kami ini iklim sangat cocok serta kesedian Pakan ternak melimpah, disamping hewan kerbau, saya juga beternak hewan kambing dikandang yang berbeda dengan jumlah populasi kambing 24 ekor.

dari kecil saya emang senangnya beternak dan jadi pengembala hewan dan bertani, karena orang tua saya juga Profesinya dulu bertani dan beternak, dan kegiatan seperti ini adalah Hobi saya dari kecil, setelah jam kerja di kantor desa kalau tidak ada kegiatan diluar saya ikut menggembala kerbau dan kambing serta mencari rumput untuk pakan hewan-hewan tersebut tutup Oyok.


Pos terkait