Senandung Pemilu Damai, Ini Pendapat Dari Risdiana Wiryatni

GAYABEKASI.ID || JAKARTA — Hari ini, kita telah memasuki tahun baru 2024, dan tinggal sejengkal waktu kita, kita memasuki pesta demokrasi untuk menentukan pemimpin bangsa yang akan membawa perjalanan bangsa ini ke arah yang lebih baik. Tahun baru, semangat baru, komitmen baru.

Segala hiruk pikuk politk yang membuat tensi politik naik di 2023, mari kita minimalisir dengan menguatkan komitmen bersama untuk menjaga dinamika politika tetap sejuk, damai, sebagai layaknya sebuah pesta, yang harus dimaknai dengan suka cita.

Kita harus bersama-sama bertanggungjawab, siapapun nanti yang akan bertarung, mari kita bersama-sama menjaga keharmonisan yang ada. Mengkritik boleh, tetapi tidak boleh menjelek-jelekkan, adu argumentasi boleh, tanpa harus saling menjatuhkan.

Sebagaimana hakikat Pemilu adalah untuk memilih pemimpin yang amanah dan jujur sekaligus memiliki kemampuan dan profesionalisme sehingga pemimpin yang amanah juga harus lahir dari pemilih atau rakyat yang jujur dan amanah.

Baik pemilih maupun yang dipilih serta pelaksana pada akhirnya harus tunduk dan mengikuti paradigma agama, paradigma hukum dan paradigma budaya agar semuanya berjalan secara seimbang tanpa saling menyakiti.

Pos terkait