Cluster Ubud RW.051 Gelar Aksi Donor Darah

GAYABEKASI.ID | KAB.BEKASI – Warga Cluster Ubud RW 051 Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial donor darah dengan tema “Share Your Blood Share Their Life” pada Minggu (15/10/23) di Masjid Ubudiyah RW 051.

Dalam kegiatan donor darah ini bekerja sama PMI Kota Bekasi, serta dukungan penuh dari Lurah Bahagia Khoirul Anwar S.STP, M.Si seluruh warga masyarakat RW 051 cluster Ubud.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia, Jalu menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian warga RW 051 dan sekitarnya terhadap masyarakat luas yang membutuhkan tranfusi darah. Harapannya, kegiatan bhakti sosial donor darah ini dapat mencapai 140 kantong darah.

Ketua RW 051 Cluster Ubud Deni Permadi mengatakan, kegiatan bhakti sosial seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan serta dapat menjadi pilot project kegiatan kemasyarakatan di lingkungan Cluster Ubud RW 051 di waktu yang akan datang. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini,” ujar Deni.

Antusiasme pendonor sangat tinggi, terlihat dari banyaknya calon pendonor yang mendaftarkan diri kepada panitia.

Namun, tidak semua calon pendonor lulus skrinning mengingat ada beberapa kriteria mendasar yang harus dipenuhi seperti HB yang rendah, tensi darah yang terlalu rendah atau tinggi, berat badan kurang dari standar.

Bagi calon pendonor yang telah lulus skrining dapat langsung diambil darahnya. Kemudian kepada para pendonor akan diberikan asupan makanan.

Salah satu Tim PMI Kota Bekasi mengatakan, banyak sekali manfaat dari donor darah. Antara lain menjaga kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, membakar kalori, mencegah risiko penyakit langka, pembaharuan sel-sel darah rutin.

Salah satu pendonor, yang juga sebagai warga di lingkungan Pondok Ungu Permai, mengungkapkan bahwa, ini menjadi pertama kali ia mengikuti donor darah.
Menurutnya, kegiatan positif seperti ini harus selalu ada.

“Ini moment pertama kali saya donor darah dan sangat antusias. Kegiatan seperti ini juga harus diperbanyak, karena darah yang kita donorkan nanti akan dipakai bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.


ZULFAN FLORA

Pos terkait