Komunitas UMKM Naik Kelas Ultah ke-3 Tahun, Raden Teddy Sampaikan Harapannya

“Dalam era saat ini setiap pelaku usaha UMKM wajib untuk mengikuti perkembangan teknologi. Termasuk penguasaan model bisnis digital yang hari ini begitu penting. Sebab sangat disayangkan jika pelaku bisnis ketinggalan dalam hal teknologi,” kata Teddy.

Teddy mencontohkan, para pedagang pasar Tanah Abang, yang belakangan viral meminta agar pemerintah tidak hanya menutup TikTok Shop, tapi juga harus menurut e- commerce sejenis lainnya. Menurut Teddy, bagi pelaku usaha, adaptasi dan melakukan kreasi dengan pendekatan digital kini sudah merupakan keniscayaan.

Media digital hari ini sangat membantu pelaku bisnis khususnya UMKM untuk mengembangkan bisnis baik dalam hal pemasaran, administrasi, transaksi keuangan, komunikasi, dan penjualan. Menurut Teddy, bagi pelaku usaha, adaptasi dan melakukan kreasi dengan pendekatan digital kini sudah merupakan keniscayaan.

“Semua bisnis Indonesia ke depan akan tersinkronisasi dengan internet dan jika tidak dari sekarang memanfaatkan media sosial atau digital maka bisnisnya bisa mati akibat tertinggal oleh zaman,” ucapnya.



Pos terkait