Sampaikan Pidato Politik di Rakernas PDI Perjuangan, Bacapres Ganjar Pranowo Bicara Kedaulatan Pangan

Dalam pidatonya, Ganjar juga menyinggung kinerja Pemerintahan Jokowi yang telah memiliki 61 bendungan di mana telah memberikan sumbangsih besar pada kemajuan pangan RI. Namun masih ada PR yang harus dilanjutkan, yakni soal ratusan ribu hektare sawah yang menyusut setiap tahun.

“Kita bisa melihat bagaimana dengan segala semangat Pak Jokowi dan dukungan seluruh kabinet, setidaknya kita akan memiliki 61 bendungan yang memberikan sumbangsih yang sangat besar pada kemajuan pangan kita.

Kita bangga pada nilai-nilai itu, meskipun demikian kita harus memberikan perhatian karena ada PR di mana berbagai persoalan yang terjadi muncul karena sekitar 650 ribu hektare sawah menyusut tiap tahun dan 65 persen irigasi menjadi tidak subur,” ucap Ganjar.

Untuk menjadikan Indonesia negara berdaulat pangan, Ganjar mengatakan peran petai dan nelayan harus mampu menjadi tuan rumah yang mengurus soal pangan. Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas.

“Petani dan nelayan harus jadi tuan rumah di negeri sendiri untuk pangan indonesia dan lahan subur tak boleh dialih fungsikan,” tegas Ganjar.

Tak hanya itu, Ganjar juga menekankan pentingnya diversifikasi pangan untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia. Dia berharap agar masyarakat bisa mengonsumsi berbagai macam pangan, tidak hanya beras.

Pos terkait