TNI AL Lanal Dumai Hadiri Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Provinsi Riau Tahun 2022

GAYABEKASI.ID | TNI AL, Dumai,- Komandan Pangkalan TNI AL Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr. Hanla., beserta personel Lanal Dumai hadir dalam Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Riau Tahun 2022,

dengan Pimpinan Apel Gabungan Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si., bertempat di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, No. 460 Pekanbaru, Selasa (22/11/2022).

Bacaan Lainnya

Hal ini sejalan dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam amanatnya Gubernur Riau menyampaikan bahwa berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana total kejadian bencana periode 1 Januari sampai dengam 17 November 2022 berjumlah 3.200 kejadian bencana terdiri dari bencana gempa bumi, karhutla,

kekeringan, banjir, tanah longsor, cuaca ekstrem, gelombang pasang dan abrasi serta bencana yang sedang kita alami sekarang yaitu bencana non alam epidemi Covid-19 yang masih belum berakhir dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dari beberapa kejadian bencana alam tersebut, bencana banjir yang paling banyak terjadi di Indonesia. Di Provinsi Riau ada beberapa bencana yang sering terjadi yaitu kebakaran hutan dan lahan, banjir, longsor, puting beliung, gelombang pasang dan abrasi.

Alhamdulillah pada tahun 2022 ini kita sudah melewati periode musim kemarau yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan berkat kerjasama semua pihak, sehingga tahun 2022 ini Provinsi Riau bebas kabut asap.

Datangnya bencana tidak dapat diprediksi secara pasti, untuk itu diperlukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana. Dengan demikian agar seluruh masyarakat Riau meningkatkan kewaspadaan, dan menyiapkan perbekalan, obat-obatan pribadi terutama bagi yang tinggal dipemukiman yang rawan terhadap bencana banjir dan longsor.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kapolda Riau Irjen Pol Moh Iqbal, S.I.K., M.H., Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ian Fuady, Kabinda Riau Brigjen TNI R. Wibisono, Kepala BNNP Riau Brigjen Pol Robinson DP Siregar, S.H., S.I.K., Kepala Kejaksaan Tinggi Riau diwakili oleh Asisten Pidana Militer Kejati Riau Kolonel Laut (KH) Faisol, Danrem 031/WB diwakili oleh

Kasrem 031/WB Kolonel Inf Habzen Sianturi, S.I.P., M.M., Dansat Brimob Kombes Pol Roni, Danyon Arhanud 13/Pny Letkol Arh Budi, Dandenpom AD Pekanbaru Mayor Cpm Irawan, Kasatpol PP Provinsi Riau Drs. Hadi Penandio,

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau M. Edy Afrizal, Wakil PTA Riau Dr. H. M. Soetomo, S.H., M.H., dan Kepala Basarnas Provinsi Riau I Nyoman Sidakarya.

Adapun Personil yang hadir diantaranya, Korsik Polri, SSK TNI (AD, AL, dan AU), SSK Polri, 1 SST Polhut, 1 SST Satpol PP, 1 SST Dishub, 1 SST BPBD, 1 SST Damkar.


(Pen Lanal Dumai)

Pos terkait