Dukung KTT G20 Bali Kesatria Muda Respublika Gelar Jalan Sehat dan Senam Zumba, Sapa Bali: Bijak Menggunakan BBM” Bali

GAYABEKASI.ID | BALI — Pimpinan Pusat Kesatria Muda Respublika menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat dan Senam Zumba dalam rangka menyambut perhelatan KTT G20 November 2022 di Bali, 6 November 2022 (28/06/2022). Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk mendistribusikan pemahaman kepada masyarakat dalam bijak menggunakan BBM serta menumbuhkan rasa persatuan pada masyarakat khususnya masyarakat bali dalam menyambut baik perlekatan KTT G20,

Kegiatan yang di ikuti oleh berbagai macam keterwakilan mahasiswa yang berada di Bali, kelompok cipayung serta masyarakat bali

Bacaan Lainnya

Iwan Bento Wijaya, S.H Ketua Dewan Pembina Pimpinan Pusat Kesatria Muda Respublika mengatakan dalam kegiatan ini pentingnya di laksanakan untuk membubuhkan nilai-nilai persatuan dan pemahaman mengenai pentingnya masyarakat bijak dalam menggunakan BBM. isu energi merupakan salah satu isu dalam pembahasan KTT G20 November 2022 di bali serta mengajak masyarakat bali bergembira bersama dalam akan terselenggaranya KTT G20.

“Dalam KTT G20, energi adalah salah satu isu strategis pada pembahasan negara-negara anggota G20. Kesatria Muda Respublika menyadari jika dunia hingga hari ini sedang menghadapi berbagai isu krisis salah satunya krisis energi. Krisis tersebut di latar belakangi okeh berbagai faktor dimulai dari Konflik Rusia-Ukraina menimbulkan beberapa efek signifikan terhadap ekonomi dan kenaikan harga komuditi energi serta sanksi Uni Eropa dan AS terhadap Rusia untuk melarang pasokan minyak Rusia untuk masuk pada pasar dagang global serta menetapkan harga batas oleh Amerika untuk pembelian minyak Rusia”.

Lanjutnya, “Berkurangnya pasokan minyak dunia dimana negara OPEC+ mengurangi produksi minyak mentah hingga 2 juta barel per hari pada bulan November 2022. Adanya ketegangan Rusia-Ukraina serta China-Taiwan membuat jalur distribusi komuditi minyak mentah mengalami gangguan dalam pendistribusian komuditi. Gagalnya penambahan pasok minyak dunia berasal dari Iran karena Amerika Serikat membatalkan renegosiasi perjanjian nuklir.

Selain itu, penyesuaian harga BBM juga dimaksudkan untuk mengurangi beban APBN yang semakin berat. Berdasarkan Perpres No. 98 tahun 2022, Negara memberikan subsidi dan kompensasi BBM sebesar Rp 502,4 triliun, nilai yang sangat besar jika dibandingkan dengan APBN tahun 2022 sebelumnya. penyesesuaian harga BBM yang di lakukan oleh pemerintah sudah melewati berbagai pertimbangan dan masukan dari banyak pihak, termasuk situasi politik internasional.” jelasnya

Masih lanjutnya “Untuk menjadi gambaran dan informasi pada masyarakat, cadangan minyak bumi kita hanya tersisa hingga tahun 2030 ini jika bila tidak ditemukannya sumur minyak baru serta produksi minyak mentah Indonesia hanya mampu mencapai 700.000 barel per hari (bph) sedangkan konsumsi mencapai 1,4 juta – 1,5 juta barel per hari (bph).

Hal tersebut juga dapat menambah beban subsidi APBN Indonesia yang harus melakukan impor minyak untuk menutupi kebutuhan nasional, sedangkan harga minyak dalam pasar global sedang tidak stabil. Maka perlunya pemerintah untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam memenuhi ketahanan energi nasional melalui progam transisi energi, dimana transisi energi menjadi isu central dalam KTT G20.

Pos terkait