Srikandi Energi Indonesia Wadah bagi Perempuan Berkontribusi di Sektor Energi

Ada beberapa program kerja dari organisasi ini antara lain, Srikandi Energi Bersuara, Youth Women Energi Leader dan Sekolah Advokasi Energi. Srikandi Energi Indonesia  merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang, termasuk perempuan.

Maka patut untuk mempertimbangkan alokasi dan penyediaan energi yang memenuhi kebutuhan masing-masing gender tersebut. Namun sayangnya, sektor energi kerap dipandang sebagai sektor yang bias gender pada satu gender tertentu yakni pria. Karena banyak pekerjaan di sektor energi yang melibatkan pekerjaan fisik maupun perhitungan teknis. 

Bacaan Lainnya

Setiap proyek energi itu harus memenuhi beberapa aspek kriteria seperti kelayakan secara teknis dan ekonomis, harus bisa diterima secara sosial dan politik, juga yang tidak kalah penting harus aman bagi lingkungan. Kebutuhan multidisiplin ini membutuhkan berbagai perspektif keilmuan dan sosial, maka keberadaan perempuan dalam bidang energi sangat penting.

Annisa Nuril Deanty yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Srikandi Energi Indonesia menyampaikan harapannya, bahwa organisasi ini bisa menjadi wadah bagi perempuan untuk belajar tentang energi dan juga memberikan pemikiran yang kritis serta solutif terhadap permasalahan energi yang ada di Indonesia ini.

“Kami juga ingin mendorong lebih banyak lagi keterlibatan dan kontribusi perempuan pada sektor energi ” pungkasnya. (***)


Pos terkait