Serda Panca Aprianto Dampingi PKM Puskesmas Pisangan Program Jambanisasi

GAYABEKASI.ID | Kodam Jaya, Tangerang -Serda Panca Aprianto Babinsa Kel Pisangan mendampingi PKM Puskesmas Pisangan dalam program pembuatan Jambanisasi di wilayah binaannya di RT 08 RW 07 Kel Pisangan, Kec.Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Selasa (31/05/2022).

Program Jambanisasi ini, diberikan khusus kepada warga yamg belum memiliki jambani yang ada di wilayah Kel.Pasangan dengan tujuan sarana masyarakat yang benar-benar sudah memadai secara layak dan sehat. 

Bacaan Lainnya

Serda Panca Aprianto bersama PKM Puskesmas Pisangan melakukan pengecekan dari rumah ke rumah untuk memastikan kondisi jamban sudah memenuhi syarat atau belum.

Menurut Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Ali Imran melalui Danramil 05/Cpt Kapten Inf Rahmat Sentosa bahwa Koramil 05 Ciputat, Kodim 0506 Tangerang pada

prinsipnya memberikan support dan dukungan kerjasama PKM Puskesmas Pisangan, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak punya jamban dan buang tinja sembarangan.

“Dari kegiatan ini, diharapkan setiap keluarga dapat memiliki jamban keluarga yang bersih dan sehat guna menunjang kegiatan kebersihan lingkungan keluarga,

sehingga dapat menghindarkan mereka dari penyakit akibat lingkungan yang buruk dari kacamata pandang kesehatan, seperti disentri, diare dan lain sebagainya.” jelas Danramil.

Dikatakan Kapten Inf Rahmat Sentosa bahwa, syarat idealnya antara closet, septic tank dengan sumur sejauh 15m. Dengan jarak tersebut maka bakteri yang

kerap menjadi penyebab menularnya penyakit TBC, diare dan sejenisnya tidak akan meresap kedalam sumur.

Sementara dampak serius membuang kotoran di sembarang tempat menyebabkan pencemaran tanah, air dan udara karena menimbulkan bau.

Pembuangan tinja yang tidak dikelola dengan baik berdampak mengkhawatirkan terutama pada kesehatan dan kualitas air untuk rumah tangga maupun keperluan komersial.

Adanya program PKM Puskesmas Pisangan ini, diharapkan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) ini,

semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. (sumber Kodim 0506/Tgr)


Pos terkait