Tiga Hari Lanal Tarempa Rambah Pulau Jemaja Kebut Vaksinasi Maritim

GAYABEKASI.ID | KEPULAUAN ANAMBAS,- Sejak hari Jumat 22 April sampai dengan hari Minggu tanggal 24 April, Pangkalan TNI AL Tarempa gencar melaksanakan percepatan Vaksinasi Covid-19, kali ini kembali dilaksanakan di Jemaja Kepulauan Anambas Kepri, percepatan Vaksinasi Maritim dilaksanakan selama 3 hari terpusat di Pos TNI AL Jemaja.

Serbuan Vaksinasi kali ini, merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, merujuk perintah Panglima TNI, khusus pada bulan Ramadhan dan menghadapi masa liburan perayaan Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

Vaksinasi yang diselenggarakan oleh Lanal Tarempa, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, selain terpusat di Posal Jemaja, Vaksinasi juga dilaksanakan di Bandar Udara Letung.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla, mengatakan “Vaksinasi Covid-19, untuk kesekian kalinya ini, kami lakukan sebagai bentuk loyalitas dan dedikasi serta pengabdian kepada masyarakat,

tentunya di wilayah naungan kami Lanal Tarempa, hal tersebut juga selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut, Jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya penanganan wabah Civid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau “The New Normal” di lingkungan TNI AL”.

Danlanal juga mengatakan, “Kami memiliki tenaga kesehatan yang profesional dan berpengalaman, sehingga sudah sepatutnya dan tanpa keraguan untuk mengerahkan mereka dalam mendukung kegiatan Pemerintah, terutama dalam hal percepatan penanganan wabah Covid-19”

“Setelah sebelumnya, kami aktif melaksanakan serbuan Vaksinasi di daerah-daerah kepulauan yang notabene sulit dijangkau, karena aksesnya hanya melalui laut, kali ini kami laksanakannya di Jemaja, seperti kita ketahui bersama,

Jemaja merupakan salah satu pulau terbesar dan terdiri dari beberapa kecamatan serta penduduknya cukup banyak dibandingkan dengan Pulau-pulau

lain di Kabupaten Kepulauan Anambas, selain itu jaraknya juga cukup jauh dari pusat pemerintahan kabupatendan dan hanya bisa dijangkau menggunakan transportasi laut”.

Dalam penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19 kali ini, Lanal Tarempa mengerahkan 5 orang tenaga kesehatan termasuk 1 orang dokter dan 10 orang Bintara pembina masyarakat Maritim (Babinpotmar), didukung oleh tenaga medis dari Puskesmas Jemaja, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Lettu Laut (K) Dr. Joshua Sinurat selaku koordinator, sehari-hari menjabat sebagai Kepala pengobatan Lanal Tarempa, mencatat sedikitnya 300 orang masyarakat berhasil divaksin dalam penyelenggaraan Vaksinasi selama 3 hari ini, sementara jenis Vaksin yang digunakan adalah Aztrazeneca dosis 1,2 dan 3 atau Booster.


(Pen Lanal Tarempa)

Pos terkait