Sakit Keras, TNI AL Evakuasi Kapal Musibah Perairan Kuala Pendek Ketapang

Gayabekasi.id – Tim Pencarian dan Pertolongan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang mengevakuasi belasan warga korban kapal mati mesin di perairan Kuala Pendek, Ketapang, Kalimantan Barat. Minggu (27/02/22)

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab menyebutkan kapal yang ditumpangi 12 orang penumpang dengan dua orang awak kapal mengalami musibah dalam pelayaran dari Pulau Padang Karimata menuju Ketapang.

Bacaan Lainnya

Danlanal menjelaskan Kapal dengan nama Lintang Geranggali jenis kapal nelayan pada Minggu pagi (27/2) berangkat membawa orang sakit dari Desa Padang, Pulau Karimata menuju Ketapang dalam kondisi mesin baik dan cuaca bagus.

“Sekitar pukul 15.00 WIB, kapal mengalami mati mesin total karena terjadi trouble patah crankshaft mesin” jelas Danlanal.

“Beruntung salah satu penumpang Yusup berhasil menghubungi keluarga yang ada di Ketapang Baharudin menginfokan kapal mengalami mati mesin total di Perairan Kuala Pendek” lanjutnya

Warga Baharudin selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Kantor SAR Ketapang yang diteruskan ke Lanal Ketapang tentang adanya kapal mati mesin dan mengangkut penumpang dalam kondisi sakit keras.

Pukul 19.00 Tim Sar Gabungan (Pos TNI AL Delta Pawan, Kantor SAR dan Pos Polairud Ketapang) menuju lokasi menggunakan RHIB Basarnas yang tiba di lokasi satu jam berikutnya lantas langsung melaksanakan evakuasi terhadap semua awak dan penumpang.

Seluruh Tim SAR dan penumpang tiba di Dermaga SAR Ketapang dalam keadaan selamat, Tim Medis Lanal Ketapang langsung memberikan pertolongan

pertama kepada warga yang sakit atas nama Basyir serta mengevakuasinya dengan menggunakan Ambulance Lanal Ketapang menuju RSUD Agoesdjam Ketapang.

Terpisah, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengapresiasi kesigapan prajurit di jajarannya yang selalu hadir dan memberikan manfaat kepada masyarakat khusunya pengguna laut.

“Tentu kita turut prihatin atas musibah yang menimpa saudara kita di Ketapang, namun kita juga bersyukur tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.” ungkap Pangkoarmada I.

Lebih lanjut Laksda TNI Arsyad Abdullah menegaskan bahwa kesiapan Prajurit Koarmada I dan jajarannya selain dalam rangka penegakkan kedaulatan dan hukum di laut juga untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna laut termasuk kegiatan SAR seperti ini.

“Upaya penyelamatan ini sebagai implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL

agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR,” pungkas Pangkoarmada I

Pos terkait