Puskesmas Cengkareng Timur Gelar Vaksin HPV kalangan Usia 9-12 Tahun Sekolah Dasar

GAYABEKASI.ID, – JAKARTA BARAT – Vaksin HPV penting untuk diberikan sejak dini guna mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus HPV, termasuk kanker serviks. Pasalnya, kanker serviks merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita.

Pemberian vaksin human papillomavirus (HPV) adalah bagian dari rangkaian vaksinasi untuk anak-anak dan remaja. Tak hanya anak-anak dan remaja, wanita dewasa muda yang sudah berhubungan seksual secara aktif juga perlu mendapatkan suntikan vaksin HPV.

Bacaan Lainnya


Vaksin HPV berperan penting dalam mencegah penyakit akibat infeksi virus HPV, misalnya kanker serviks, kanker penis, kanker anus, kanker tenggorokan, dan kutil kelamin.

Vaksin HPV dapat diberikan kepada anak-anak, baik perempuan maupun laki-laki. Usia yang tepat untuk menerima vaksin ini adalah 9–12 tahun. Akan tetapi, orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin HPV sebelumnya atau belum pernah berhubungan seksual juga masih boleh mendapatkan vaksinasi HPV.

Bertujuan untuk menggerakan masyarakat agar mematuhi dan memberikan imunisasi HPV kepada sasaran penerima, selama kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Sekolah Dasar (SD).

BIAS merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama
Program pemberian vaksin kanker serviks kepada siswa usia SD di DKI Jakarta telah dilakukan mulai Oktober 2016.

Pos terkait