Danramil Matraman Serahkan 1000 Tambulapot dan 1000 Snake plat/Sensevieria Kepada Masyarakat Matraman

GAYABEKASI.ID l Kodim 0505/JT – Danramil 02/Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, S.Sos., M.Si. berhasil membagikan 1.000 tanaman budi daya dalam pot (tabulampot), seperti tanaman Jambu batu, Mangga, Jeruk, alpukat dan Jambu air serta 1.000 tanaman lidah mertua (Sensevieria) kepada warga Matraman.

Total 2000 tanaman tersebut digelar di lapangan depan panggung utama dan diapit oleh 2 tenda peleton Kodim 0505/Jakarta Timur. Penyerahan secara simbolis dilakukan di area SDN 25 Utan Kayu Selatan di Jl. Galur Sari Timur, Kel. Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (19/04/24).

Bacaan Lainnya

Nantinya, tanaman tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat per rumah satu tabulampot, untuk selanjutnya akan dibudidayakan serta dirawat dengan baik. Melalui kegiatan tersebut, Mayor Arm Ahmad Budiman S.Sos., M.Si. memiliki 3 visi, pertama sebagai sarana halal bi halal pasca Idul Fitri 1445 H,

sebagai sarana peduli lingkungan hidup sehingga menjadi hijau dan asri dimana oksigen bertambah serta polusi berkurang, menjadi asset ketahanan pangan, dan gizi atau vitamin yang dihasilkan tanaman

buah akan menekan angka stunting di wilayah matraman. Danramil dalam hal ini berkeinginan memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada warga masyarakat Matraman.

“Melalui kegiatan yang dikemas lewat halal bihalal ini, kami juga ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada masyarakat dengan aksi penghijauan sehingga memghasilkan oksigen yang tinggi serta memiliki nilai estetika,” tutur Mayor Budiman, sapaan akrabnya, Jumat (19/04).

Tanaman buah dalam pot ini, lanjutnya, nantinya bisa di letakkan di depan rumah warga, tidak perlu lahan khusus dan cepat berbuah, juga dapat menghasilkan oksigen yang banyak, hasil buahnya bisa

membantu ketahanan pangan warga, efek domino lainnya adalah sebagai salah satu asset tak lekang waktu dimana gizi buah yang dihasilkan akan dapat mengatasi stunting di masa mendatang.

“Ini tidak hanya sekali, tetapi akan selamanya bermanfaat. Disini ada bibit tabulampot, seperti mangga, jambu air, jambu batu, jeruk dan alpukat. Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat. Dan untuk masing-masing Kelurahan akan mendapatkan 150 Tabulampot dan bibit tanaman Sensevieria,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Mayor Arm Ahmad Budiman juga mengatakan, pembagian tabulampot berharap akan diikuti dengan pupuk buah dan anti hama yang dilakukan pemerintah maupun angkatan darat di waktu-waktu mendatang.

Sebab program tersebut dilaksanakan dalam rangka mengimbangi dan menekan laju stunting yang sudah menjadi isu nasional maupun daerah.

Dalam acara halal bihalal dan penyerahan tambulapot ini turut dihadiri oleh Aspem Walikota Jakarta Timur, Camat Matraman, Wakapolres Jakarta Timur, Wakapolsek Matraman, Para Lurah di jajaran Matraman,

para Ketua RW, serta beberapa Ormas dari Siskommas Matraman, Mitra Jaya, Siskomas, FKDM, Tokoh agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat di wilayah Matraman.


Sumber Pendim 0505/JT

Pos terkait