Tim SAR Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor Evakuasi Warga Korban Banjir di Muratara

GAYABEKASI.ID l Sebanyak 32 desa di Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan dilaporkan terdampak banjir dari luapan Sungai Rupit dan Sungai Rawas. Tim SAR dari Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor di Pimpin Katim SAR Aipda Satria Sembiring melaksanan Evakuasi Warga yang terdampak banjir dengan menggunakan perahu dari Desa Suka Menang dalam menuju Suka Menang Luar, pada Rabu (17/04/2024).

Danyon Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor AKBP Andiyano,SKM. Melalui Katim SAR Aipda Satria Sembiring, Mengungkapkan Dalam proses evakuasi ada beberapa hal yang diprioritaskan mulai dari bayi, anak-anak, ibu hamil, dan lansia,”

Bacaan Lainnya

Personel di Lokasi juga membantu masyarakat mencari barang yang masih bisa di pergunakan dan juga membuat Tenda Darurat Pasca Bencana Banjir di Desa Sukamenang Kabupaten Muratara, Personel Juga membantu mendistribusikan Bantuan Bahan Makanan dari Pemda Muratara kepada warga yang terdampak banjir

Menurutnya, hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa (16/04) merupakan penyebab debit air Sungai Rupit dan Sungai Rawas meluap, sehingga menggenangi pemukiman warga tersebut.

“Yang menyebabkan 6 jembatan gantung putus, 49 rumah rusak berat dan 2.839 rumah terendam banjir serta menutup akses jalan dengan ketinggian air mencapai 80 cm – 1 meter. Sementara ada 4 kecamatan yang terdampak banjir yaitu kecamatan Karang Jaya, Rupit, Ulu Rawas dan Rawas Ulu,” katanya.

Untuk kecamatan Karang Jaya ada 10 desa yang terdampak antara lain Desa lubuk Kumbu, Suaka Raja, Muara Batang Empu, Suka Menang, Rantau Telang, Tanjung Agung dan Muara Tiku, Embacang Lama, Embacang Baru, Embacang Baru Ilir.

Lalu di Kecamatan Rupit ada 9 desa antara lain, Desa Tanjung Beringin, Noman, Noman Baru, Batu Gajah, Batu Gajah Baru, Maur Lama, Maur Baru, Bingin Rupit dan Beringin Jaya. Di Kecamatan Ulu Rawas ada 7 Desa antara lain Desa Kuto Tanjung, Napalicin, Sosokan, Muara Kulam, Muara Juis, Pulau Kidak dan Nangkat.

Kemudian, kecamatan Rawas Ulu ada 6 desa yakni desa Lesung Batu, Lesung Batu Muda, Sungai Baung, Pulau Lebar, Kerta Dewa dan Remban.

“Sampai saat ini Tim SAR gabungan masih terus melakukan upaya evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir dengan menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman,” katanya.


Pos terkait