Gerakan 3 M, Cegah Demam Berdarah Oleh Koramil Kramatjati

GAYABEKASI.ID l Kodim 0505/Jakarta Timur – Memasuki musim pancaroba sekarang ini, Danramil 05/Kramatjati Mayor Kav Luky Dibyanto melaksanakan kegiatan karya bakti bersama warga dan PPSU bertempat di Jln. Karya bakti RT.02/10 Kelurahan Kramatjati Kecamatan Kramatjati, Selasa (09/04/24).

Karya bakti yang dilaksanakan di penghujung bulan Ramadhan ini bertujuan untuk membersihkan genangan air, kaleng bekas yang berisi air dengan menuang air tersebut dan pembersihan sampah serta rumput liar yang berpotensi tampung air yang menyebabkan nyamuk berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti di genangan air yang ada di lingkungan tempat tinggal warga, sehingga harus segera dibersihkan.

Bacaan Lainnya

“Hal ini dilakukan oleh Babinsa bersama PPSU Kelurahan Kramatjati untuk melakukan pembersihan selokan, dan semak-semak, tempat air yang masih terlihat tergenang untuk di tuang atau keringkan, guna pencegahan berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti tersebut.

Selain membersihkan genangan air, kegiatan karya bakti ini juga bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan antara Babinsa dengan warga binaan teritorialnya.

Mengapa kita harus membersihkan saluran air, Selain menjadi permasalahan ketidaknyamanan, air kotor yang tergenang atau saluran tersumbat menjadi tempat favorit bagi nyamuk hingga bakteri jahat. Akibatnya, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diare hingga demam berdarah.

Sehingga kita harus segera mengambil langkah dengan 3M Plus, yakni, Menguras tempat penampungan air. Menutup tempat-tempat penampungan air. Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia. Ungkapnya.

Sumber Pendim 0505/JT


Pos terkait