Rakornas di Batam, Dukcapil Andalkan IKD Percepat Digitalisasi Pelayanan Publik

GAYABEKASI.ID l BATAM – Sebagai acara rutin tahunan, Ditjen Dukcapil Kemendagri kembali menggelar Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) untuk kali yang pertama di tahun 2024. Rakornas menjadi ajang konsolidasi dan koordinasi terbesar bagi sekitar 1.600 peserta dari Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Rakornas Dukcapil kali ini mengusung tema “Peran IKD Mendukung Percepatan Transformasi Digital Untuk Pelayanan Publik, di Harmoni One Hotel & Convention Centre, Batam, 27-29 Februari 2024.

Bacaan Lainnya

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi menyatakan, rakornas antara lain bertujuan mendorong peran Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam mendukung percepatan transformasi digital untuk pelayanan publik.

Selain itu, meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan di seluruh Indonesia.

“Dan juga menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi jajaran Dukcapil pusat dan daerah guna mendukung kemudahan pelayanan publik dan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024,” kata Dirjen Teguh.

Mendagri Tito Karnavian dijadwalkan bakal membuka Rakornas secara resmi pada Selasa (27/2/2024) malam. Sebagai apresiasi atas prestasi dan kinerja jajaran Dukcapil daerah, Mendagri Tito berkenan menganugerahkan Dukcapil Awards kepada sejumlah daerah dengan kinerja terbaik.

Rakornas Dukcapil di Batam ini dihadiri oleh pejabat tinggi negara, dan narasumber terkemuka antara lain Menteri Dalam Negeri; Menteri Komunikasi dan Informatika; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi; Ketua Komisi II DPR RI.

Turut hadir Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan KemenPPN/ Bappenas; Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan; Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri; Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN; pejabat Bank Dunia, para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

Hadir pula Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, unsur Forkompinda Provinsi Kepri; Pj. Walikota Batam; para Bupati/Walikota se-Provinsi Kepulauan Riau yang berkesempatan hadir; pimpinan World Bank; para Kepala Dinas/Biro yang membidangi Adminduk Disdukcapil provinsi dan kabupaten/kota.

Sebagai apresiasi atas kinerja Dinas Dukcapil terbaik, dalam rakornas kali ini juga akan diberikan penghargaan Dukcapil Prima Award Tahun 2024, antara lain Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota dengan pencapaian aktivasi IKD terbanyak, serta Dukcapil Prima Award Kategori Khusus.

Selain 1.600 peserta hadir langsung, juga disediakan zoom meeting dengan kapasitas 1.000 bagi peserta agar bisa hadir secara daring.

Rakornas juga akan tayang secara live selama 3 hari di kanal youtube, Instagram dan tiktok Ditjen Dukcapil berikut:

  1. https://www.youtube.com/ditjendukcapilkdn
  2. https://instagram.com/dukcapilkemendagri
  3. https://tiktok.com/@dukcapilkemendagri

Informasi lengkap tentang Rakornas dapat diakses melalui link berikut:

https://linktr.ee/RakornasDukcapil2024

Peserta bisa mendapatkan semua informasi Rakornas di antaranya rundown acara, materi, press release, WA layanan, dokumentasi, sertifikat hingga evaluasi pelaksanaan Rakornas melalui link tersebut.(Arif)


Pos terkait