WEBINAR KORPRI: Karya dan Inovasi ASN, Napas Menciptakan Persepsi Publik yang Positif

GAYABEKASI.ID l HUMAS SETJEN DPKN – DP Pengurus KORPRI Nasional menyelenggarakan Webinar KORPRI menyapa ASN secara rutin setiap minggu dengan mengangkat topik-topik menarik. Pada Webinar seri ke-51 dengan tema “ASN Berkarya bukan Bergaya” secara virtual pada Kamis (22/2/2024).

Dengan dibuka oleh Prof Zudan Ketum Korpri, hadir juga dalam webinar ini 3 Narasumber yaitu Loto Srinaita Ginting (Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN) dengan materi Inovasi; Peran Digital Usaha Mikro dan

Menengah (PaDi UMKM) dari BUMN untuk UMKM Indonesia, Narasumber kedua I Gede Putu Aryadi, S.Sos, MH (Kepala Dinas TK dan Transmigrasi Prov NTB) dengan materi Inovasi Revitalisasi BLK melalui Pelatihan dan Pemberdayaan Tenaga Kerja Terpadu Plus (PePaDu Plus),

Narasumber ketiga Ajib Rakhmawanto (Asdep Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktek Terbaik Pelayanan Publik Kemenpanrb) dengan materi “Ciptakan K/L dan Pemda yang berinovasi terkait Pelayanan Publik, serta dimoderasi oleh Dr. Jiwa M.Satria Nusantara, S.IP, MA (Duta Korpri Kemendagri).

Narasumber pertama, Loto Srinaita Ginting, selaku Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN memaparkan UMKM merupakan perwujudan dari tindaklanjut dan arahan Bapak Presiden agar BUMN dapat melibatkan UMKM dalam penyediaan

barang jasa. Adapun manfaat PaDi UMKM; ketersediaan barang, jasa dan penyediaannya secara terverifikasi dan terkurasi, kelengkapan dokumen yang menyertai proses pembelajaran.

Srinaita juga menjelaskan Pemerintah memiliki peranan yang besar untuk mendukung UMKM dan melibatkan BUMN sesuai dengan UU Cipta Kerja yaitu untuk memperluas pasar UMKM baikdengan program kemitraan maupun tempat usaha di bidang publik dan dukungan kepada UMKM untuk mengamanatkan belanja produk di UMKM.

I Gede Putu Aryadi, S.Sos,MH yang menjabat sebagai Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB selaku Narasumber kedua menjelaskan Inovasi yang sangat sederhana dimulai dari isu yang paling sering muncul yaitu Ketenagakerjaan. Pengangguran tertinggi didominasi oleh lulusan SMA dan Perguruan Tinggi.

Dalam hal ini Pemerintah melakukan upaya pelatihan-pelatihan pada Lembaga Pendidikan agar tenaga kerja dapat terserap dalam lapangan kerja. Dapat disimpulkan bahwa Inovasi yang nyata dapat terwujud dengan kolaborasi antara masyarakat dan Pemerintah.

Narasumber berikutnya, Dr. Ajib Rakhmawanto, S.IP,M.Si, memaparkan Mengapa Inovasi sangat Penting?.. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, daya saing global dan tuntutan masyarakat yang cenderung kritis serta kepercayaan publik merupakan hal yang penting dalam Inovasi.

Inovasi penting bagi Pemerintah sebagai Napas/Jantung untuk dapat menciptakan persepsi publik yang positif bagi masyarakat juga di dunia usaha menjadi harga mati yang tidak bisa ditinggalkan. Akhir kata “Kunci sukses Inovasi Pelayanan Publik berada pada komitmen Pimpinan, motivasi penyelenggara pelayanan public dan SDM yang handal, kata Ajib Rakhmawanto.

Webinar diikuti lebih dari 1.000 partisipan melalui Zoom Meeting dan lebih dari 1500 viewer melalui live streaming di Youtube.(Arif)


Pos terkait