Gunung Marapi Masih Meletus Pagi Ini, Warga di Himbau Memakai Masker

GAYABEKASI.ID || KAB AGAM — Gunung Marapi kembali menunjukkan aktivitasnya pada pagi ini, Senin (4/12/2023). Gunung yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat ini kembali meletus pada pukul 08.22 WIB.

Kabar itu disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melalui akunnya. “Terjadi erupsi G. Marapi pada hari Senin, 04 Desember 2023, pukul 08:22 WIB,” tulis akun X, PVMBG yang dikutip Senin (4/12/2023).

PVMBG mengungkapkan, tinggi kolom abu teramati ± 800 m di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 68 detik.

Pasca erupsi Gunung Marapi pada Minggu (3/12) siang, pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatra Barat mengimbau agar warga tidak keluar rumah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatra Barat juga membagikan masker untuk warga sekitar Gunung Marapi. Mereka juga mengingatkan agar warga tetap berada di dalam rumah.

“Masyarakat sudah dibagi masker dan diingatkan agar tetap di dalam rumah,” kata tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Agam Ade Setiawan, Minggu.


Pos terkait