Keberhasilan Seorang Pemimpin Dimulai Dari Keberhasilan Memimpin Keluarga, Begini Kata: Dr. Suriyanto Pd, SH, MH, M.Kn

GAYABEKASI.ID || JAKARTA –Kepemimpunan publik akan kokoh jika diawali dengan individu-individu pemimpin yang sukses di dalam rumah tangganya. Bagaimana bisa sukses urusan publik yang banyak dan rumit permasalahannya, kalau dalam kepemimpinan yang terkecil, keluarga, berantakan. Ini pakem yang jadi pegangan kita dalam memilih calon pemimpin Indonesia di masa mendatang.
Sebelum kita berbicara tentang kepemimpinan publik, setiap individu hendaknya mempersiapkan spektrum kepemimpinan yang terkecil, yaitu keluarga.

Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang.

Ketika seseorang menemukan visi dan misi hidupnya, ketika terjadi kedamaian dalam diri (inner peace) dan membentuk bangunan karakter yang kokoh, ketika setiap ucapan dan tindakannya mulai memberikan pengaruh kepada lingkungannya, dan ketika keberadaannya mendorong perubahan dalam organisasinya, pada saat itulah seseorang lahir menjadi pemimpin sejati.

Jadi pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).

Pemimpin itu harus berproses bukan tiba-tiba melompat Pemimpin itu tidak suddenly.Tidak tiba-tiba.pemimpin itu harus berproses.dan, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang pernah jadi anak buah yang baik.

Karena kalau dengan pengalaman kepemimpinan yang ada sebagai guru, maka dia tidak hanya mengembangkan bakat genetika yang dia miliki, tetapi dia berproses dari pengalaman dan tantangan. Mungkin saja pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jatuh bangun dengan kegagalan – sampai bisa saja sepeti itu.

Pos terkait