Gelar Simulasi Sispam Kota, Wujud Kesiapan Polres Purwakarta Amankan Pemilu 2024

GAYABEKASI.ID l PURWAKARTA – Untuk mengukur kesiapan petugas dalam menangani gangguan keamanan dan ketertiban menjelang dan saat Pemilu 2024, Polres Purwakarta gelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Lapangan Patria Tama, Mapolres Purwakarta, pada Senin, 16 Oktober 2023.

Simulasi antara lain memperagakan terjadinya cekcok antara massa dengan aparat kepolisian saat mengantarkan hasil pemilu ke kantor kelurahan.

Bacaan Lainnya

Dalam simulasi tersebut, suasana benar-benar dibuat kacau. Seperti adanya massa yang menggelar demontrasi karena tak puas akan hasil suara, hingga kekisruhan yang terjadi di masyarakat.

Aparat pun dibuat harus siap siaga dan menangani kekacauan tersebut dengan tetap humanis.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, Sispamkota ini juga mengecek kesiapan personel, sarana prasarana dan cara bertindak untuk mengantisipasi potensi kerawanan yang akan timbul selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Tentunya untuk mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana maupun cara bertindak yang dilakukan oleh Polres Purwakarta, TNI dan perkuatan lainnya menghadapi segala situasi kerawanan yang di mungkinkan terjadi,” jelas Edwar, saat ditemui usai kegiatan Simulasi Sispam Kota.

Kapolres menyebut, dalam simulasi tersebut memang dibuat semirip mungkin dengan kejadian sungguhan. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai kerawanan pemilu mulai masa kampanye, pendistribusian logistik, pemungutan dan penghitungan suara, dan kerawanan saat tahap rekapitulasi.

“Itu bentuk kesiapan kita. Kita tidak underestimate terhadap situasi kondisi yang berkembang dan kita melakukan berbagai macam seknario. Dinamikanya pasti akan ada tentunya,” Ujar Edwar.

Kapolres menyampaikan, meski tingkat kerawanan pemilu di wilayah Kabupaten Purwakarta terbilang konfusif, tapi kita harus tetap siaga.

“Memang tingkat kerawanan pemilu di Kabupaten Purwakarta tidak masuk dalam katagori rawan, namun kita harus tetap lakukan antisipasi agar situasi terjaga dengan baik dan aman. Kami optimis kamtibmas di Kabupaten Purwakarta akan tetap terjaga pada Pemilu 2024 nanti. Ini berkat kerjasama semua pihak dalam ikut menjaga dan menciptakan Kamtibmas yang kuat,” Ucap AKBP Edwar Zulkarnain.

Ditempat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Purwakarta, KH John Dien mengapresiasi peragaan simulasi Sispamkota, Menurutnya, kegiatan ini menggambarkan sinergitas dan kolaborasi yang baik antara TNI Polri dan stakeholder terkait dalam upaya menjaga kondusifitas kamtibmas selama proses pentahapan pemilu.

“Karena dalam pengamanan pemilu nanti tidak bisa tiap instansi bekerja sendiri, perlu ada kolaborasi dan kerjasama dalam pelaksanaan tugasnya dan kita harapkan dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” ucap KH John dien.


Penulis : Humas Polres

Pos terkait