Membangun Politik Berperadaban, Begini Kata Dr Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn

Kebudayaan mengandung pola perilaku sosial masyarakat dan politik merupakan salah satu bagian dalam dinamika kebudayaan. Sehingga pengembangan budaya diharapkan mampu mempengaruhi pembangunan politik menjadi lebih baik, karena pada hakikatnya budaya bukan sebuah konsep abstrak tetapi sebuah realitas yang berwujud cara hidup suatu kelompok masyarakat.

Oleh karena itu, berpolitik dalam konteks Indonesia mesti bertolak dari sumber nilai dan norma utama kemanusiaan dan kebudayaan Indonesia.

Untuk mewujudkan pemilu 2024 yang bermartabat dan berbudaya bahwa antara pemilih, peserta pemilu, dan penyelenggara pemilu sebagai aktor dalam pemilu harus menyadari pentingnya bersinergi.

Agenda pemilu ini harus sesuai dengan tujuan demokrasi untuk memanusiakan manusia dan pemilu merupakan sarana demokrasi.
Marilah kita sambut pemilu 2024 ini, sebagai layaknya pesta demokrasi yang sejuk, bermartabat, riang gembira.

Harapan kita semua, tentunya, akan lahir pemimpin bangsa yang bisa membawa bangsa ini lebih baik lagi, dan sejahtera. Pilihlah pemimpin yang memilki integritas dan komitmen untuk mensejahterakan rakyat lahir batin dan jelas asal usulnya. Jangan pilih pemimpin yang hanya mengedepankan dinasti untuk melanggengkan kekuasaan.


Sumber : Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn Pakar Hukum, Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta

Pos terkait