Prajurit Marinir Bergembira Di Medan Latihan

GAYABEKASI.ID | TNI AL Dispen Kormar Banyuwangi – Pasukan yang tergabung dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2023, antara Prajurit Korps Marinir dan Japan Ground Self-Defense Force (JGSDF) mendapat materi tentang Tactical Combat Casualty Care (TCCC) dari Singapore Army di Hutan Selogiri, Kalipuro, Banyuwangi, Minggu (03/09/2024).

Seluruh pasukan terlihat sangat serius dalam memahami materi dan praktek Tactical Combat Casualty Care (TCCC) atau yang biasa disebut dengan kesehatan lapangan yang diberikan oleh Singapore Army, dan juga Prajurit Korps Marinir tampak bahagia dalam menjalani latihan tersebut, sesuai dengan Taklimat

Bacaan Lainnya

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr. (Han)., “Gembira di medan operasi, gembira di medan latihan, gembira di satuan dan ditengah-tengah keluarga”.

Kesehatan lapangan merupakan upaya dukungan kesehatan yang berperan dalam pelaksanaan tugas militer di daerah operasi maupun di daerah penugasan dengan karakteristik resiko permasalahan kesehatan yang tinggi.

Kegiatan pengetahuan kesehatan lapangan ini merupakan faktor penting dalam pertempuran, tentang bagaimana cara prajurit mampu menangani permasalahan kesehatan maupun menangani luka yang disebabkan oleh konflik di daerah operasi.

Adapun materi yang disampaikan oleh Singapore Army kepada Prajurit Korps Marinir dan Japan Ground Self-Defense Force (JGSDF) meliputi cara penanganan pertama pada prajurit yang mengalami Heat Stroke. Heat Stroke merupakan

kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan, kemudian cara penanganan luka tembak dan cara evakuasi korban di medan pertempuran.


( TNI AL Dispen Kormar )

Pos terkait